Pelatihan Job Interview Fakultas Ekonomi Univet Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Trainer Sulis Setyono saat memberikan pelatihan job interview kepada mahasiswa Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo. 

Pelatihan Job Interview Fakultas Ekonomi Univet Sukoharjo

Sukoharjo-majalahlarise.com-Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo memberikan bekal softskill tentang wawancara kerja (job interview) kepada mahasiswa semester akhir Program Studi Manjemen. Kegiatan ini menghadirkan trainer motivator dunia kerja, Sulis Setyono, S.Pd, M.Pd. Sabtu (22/12/2018) bertempat di ruang pertemuan Fakultas Ekonomi. 

Ketua Program Studi Manajemen, Salman Faris Insani dalam sambutan pembukaan mengatakan Pelatihan job interview merupakan bekal sangat penting bagi alumni Sarjana Ekonomi saat melamar pekerjaan yang akan berhadapan pada tahapan tes wawancara kerja. Sebab wawancara kerja sangat penting dan menentukan lolos tidaknya tes. Walaupun lolos dalam kemampuan akademis ketika wawancara mendapatkan score rendah tidak bisa diterima kerja.

“Fakultas Ekonomi berusaha maksimal untuk membekali mahasiswa tentang banyak hal. Ada kemampuan berbicara bahasa Inggris, kemampuan berwirausaha, kemampuan mengelola perusahaan melalui mata kuliah menajerial, sekarang mengajarkan job interview,” ujarnya.

Sementara itu trainer, Sulis Setyono, S.Pd, M.Pd. dalam pelatihan mengajarkan berbagai hal mengenai tes wawancara kerja diantaranya persiapan ketika akan menghadapi wawancara, membawa curriculum vitae (CV) untuk mengetahui latar belakang pelamar.

“Persiapan saat interview yaitu penampilan pakaian. Alangkah baiknya pilih pakaian simple dan formal dalam pemilihan baju, kemeja, celana sampai sepatu. Sebelum kita interview paling tidak kita harus mengetahui latar belakang perusahaan tersebut bisa googling, tanya teman yang sudah bekerja disitu sehingga kita tahu daya pekerjaan di perusahaan tersebut. Kita sudah punya latar belakang pengetahuan perusahaan sehingga tidak gugup dan jawaban akan lebih baik dari pada tidak tahu tentang latar belakang perusahaan tersebut,” paparnya.

Lebih lanjut dijelaskan, ketika interview pelamar harus memiliki sopan santun, soft skill cara berkomunikasi yang baik agar tidak terjadi kesalahan pahaman antara jawaban dan pertanyaan yang diberikan HRD. Saat menjawab pertanyaan tetap mata fokus pada yang menginterview dan jangan sering membuang muka karena itu mengindikasikan kurang percaya diri, takut dan tidak yakin.

“Kesulitan yang biasanya dihadapi pelamar pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa dijawab secara totalitas seperti berapa gaji yang ingin anda dapatkan, kekurangan anda, kelebihan anda, kadang pertanyan itu yang membuat pelamar bingung menjawab dan harus berpikir keras. Akan lebih baik pelamar itu mempersiapkan sebelumnya. Juga ada pertanyaan yang sering menjebak karena untuk mengetahui karakter seseorang,” tarangnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top