Duta Seni Kabupaten Wonogiri Tampil di TMII

Print Friendly and PDF

Duta Seni Kabupaten Wonogiri saat tampil di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Paguyuban Karawitan Kencana Laras SMP Negeri 4 Pracimantoro saat foto bersama.

Duta Seni Kabupaten Wonogiri Tampil di TMII

Wonogiri-majalahlarise.com-Duta seni Kabupaten Wonogiri yang diperkuat paguyuban karawitan "Kencana Laras" SMP Negeri 4 Pracimantoro tampil di Anjungan Jawa Tengah Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta. Minggu (16/12/2018).

Seni yang ditampilkan pergelaran wayang kulit dan seni tari. Penonton merasa kagum dan bangga karena siswa SMP sudah mahir memainkan gamelan. Artinya seni tradisi masih diminati dan dilestarikan oleh generasi muda.

Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro, Agus Sumarno, S.Pd, MM, M.Pd mangatakan Paguyuban karawitan SMPN 4 Pracimantoro mendapatkan kepercayaan dari Disdikbud Kabupaten Wonogiri untuk mengiringi pementasan wayang kulit dan tari di TMII.

"Siswa kami menyambutnya dengan antusias. Mereka sangat bersemangat dalam berlatih karawitan. Ini prestasi bagi tim karawitan sekolah kami bisa tampil di tingkat nasional." ujar Agus kepada media. Jum'at (21/12/2018).

Sementara itu,  Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Wonogiri, Drs. Siswanto, M.Pd melalui Kabid Budaya,  Eko Sunarsono,  S.Sn saat dikonfirmasi menyampaikan kegiatan promosi budaya rutin diselenggarakan setiap tahun. Dari provinsi Jawa Tengah mewakilkan 10 kabupaten untuk ikut mengisi acara.

"Kami mengirim duta seni tiap tahun diselang seling dewasa dan anak. Kebetulan tahun ini anak-anak yang tampil," katanya.

Eko berharap adanya kegiatan seni ini  secara tidak langsung dapat membentuk karakter anak melalui budayanya sendiri.

"Kondisi saat ini sudah banyak anak terlepas dari budayanya sendiri. Mereka dalam berbagai hal tidak terkontrol budaya. Kami sudah bekerjasama dengn beberapa sekolah dampaknya malalui seni mereka bersikap positif dan lebih santun," tuturnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top