Rafi Raih Juara Satu OSN IPA Tingkat Kota Surakarta

Print Friendly and PDF

Muchammad Ichwanurrafi meraih juara satu OSN IPA tingkat Kota Surakarta
Rafi Raih Juara Satu OSN IPA Tahun 2018 Tingkat Kota Surakarta

SOLO-majalahlarise.com-Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta, Muchammad Ichwanurrafi berhasil meraih juara pertama lomba Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kota Surakarta untuk Mata Pelajaran IPA yang diselenggarakan pada Sabtu (24/3) di SMPN 16 Surakarta. Informasi tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Kota Surakarta tentang Penetapan Peringkat Seleksi Olimpiade Sains Nasional (OSN) SMP/Mts Kota Surakarta Tahun 2018 nomor 954/ 0839.1/KEP/SMP/2018.
     Aryanto selaku Humas SMP Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta menyampaikan bangga atas perolehan prestasi salah satu siswanya yang berhasil meraih juara satu dan menjadi wakil kota Surakarta menuju ajang OSN Provinsi Jawa Tengah pada 21 April 2018 mendatang.
     “Alhamdulillah puji syukur kehadirat Allah SWT atas keberhasilan Muchammad Ichwanurrafi yang berhasil meraih juara pertama lomba seleksi OSN tingkat Kota Surakarta untuk mata pelajaran IPA dengan nilai 62,50.,” jelasnya.
     Aryanto menambahkan sebenarnya sekolah juga mengirimkan perwakilan untuk Mata pelajaran Matematika dan IPS. Adapun Aisyah Putri Khurin’in meraih peringkat keempat mata pelajaran Matematika. Fathi Qushoyyi Ahimsa juuga meraih peringkat kesebelas mata pelajaran IPS.
     Tidaklah mudah Rafi sapaan akrabnya untuk menjadi juara satu OSN. Ia harus mengalahkan 61 siswa dari perwakilan SMP Negeri dan Swasta se Kota Surakarta. Diakuinya bahwa ia harus melakukan persiapan berbulan-bulan sebelumnya. Dari kelas pembinaan olimpiade di sekolah selama 3-4 kali seminggu dengan waktu 2-3 jam per hari hingga belajar bersama guru di rumah seminggu 3-4 kali saat bakdha Maghrib. Sebelum tiba hari berlangsungnya OSN, ia juga mengikuti pembinaan yang diselenggarakan PPO selama tiga hari di Semarang.
     “Saat OSN berlangsung menghadapi 50 soal pilihan ganda yang terdiri atas 25 soal fisika dan 25 soal Biologi. Mengerjakan soal itu pun selama 120 menit dari pukul 09.00 hingga pukul 11.00 WIB. Sulit karena model soalnya olimpiade semua dan yang paling sulit tentang materi konduksi (perambatan kalor),” tandasnya.
     Menurut Rafi, keberhasilannya ini dipersembahkan kepada guru-guru, orang tua, dan adik tersayang yang masih kelas 5, Shafira Zahra Nur Izza.
     “Kemenangan ini saya persembahkan untuk guru-guru yang sudah membina dan orang tua yang sudah nyemangatin dan adikku tersayang yang sudah nyuport,” jelasnya sembari tersenyum kepada media. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top