Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Laksanakan Pengabdian Masyarakat Penulisan Press Release di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Print Friendly and PDF

 

Guru SMK Veteran 1 Sukoharjo saat mengikuti penulisan press release. 

Tim Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet Laksanakan Pengabdian Masyarakat Penulisan Press Release di SMK Veteran 1 Sukoharjo

Sukoharjo- majalahlarise.com -Tim dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara yaitu Nurnaningsih, Veronika Unun Pratiwi, dan Arin Arianti melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan penulisan press release dan public speaking guru SMK Veteran 1 Sukoharjo dengan menghadirkan pemateri Sofyan Yuli Antonius (jurnalis dan pengelola majalahlarise.com). Jumat (5/8/2022) bertempat di ruang pertemuan sekolah.

Ketua tim dosen pengabdian masyarakat, Nurnaningsih menyampaikan belajar tentang penulisan press release dan public speaking sangat dibutuhkan instansi dalam penyampaian informasi kepada masyarakat.

"Press release menyampaikan informasi kepada orang luar instansi menggunakan tulisan berupa keunggulan maupun keunikan dari SMK Veteran 1 Sukoharjo. Sedangkan public speaking menyampaian informasi dalam bentuk berbicara secara formal maupun non formal kepada audien atau khalayak," ujarnya.

Tim dosen prodi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Univet saat foto bersama dengan Kepala dan Guru SMK Veteran 1 Sukoharjo.

Baca juga: Univet Bantara Jadi Tuan Rumah Kuliah Visiting Professor dan Pakar Kiat Menulis Artikel Untuk Publikasi Jurnal Ilmiah

Dikatakan pula, bapak dan ibu guru bisa juga dikatakan sebagai pelaku public speaking walaupun dihadapan siswa itu dikategorikan audien atau khalayak.

"Hari ini dijelaskan bagaimana cara penulisan press release dan praktiknya bapak ibu guru menulis press release kegiatan ini yang hasilnya dikoreksi pada pertemuan berikutnya bersamaan dengan memberian materi public speaking," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Kepala Sekolah bidang Humas SMK Veteran 1 Sukoharjo, Sugiyanto Cahyo menyampaikan ucapan terimakasih kepada tim dosen pengabdian masyarakat prodi Pendidikan Bahasa Inggris yang berkenan memberikan ilmu dan wawasan tentang penulisan press release dan public speaking yang sangat berguna bagi bapak dan ibu guru utamanya berbagai kegiatan sekolah dapat diinfomasikan kepada masyarakat.

Dalam pemaparan materi, narasumber Sofyan Yuli Antonius menjelaskan tentang pengertian press release, tujuan press release, langkah-langkah ketika menulis press release.

"Penulisan press release tidak terlepas dari unsur berita yaitu 5w+1H, Apa Yang Terjadi (What), Di Mana Kejadiannya (Where), Kapan Terjadinya (When), Siapa Yang Terlibat Dalam Kejadian (Who), Mengapa Peristiwa Itu Terjadi (Why), Bagaimana Kejadiannya (How). Dalam penulisan judul press release nama instansi jangan lupa dituliskan karena merupakan brand dari instansi," jelasnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top