Mahasiswa KKN Univet Bantara Ikut Mengembangkan UMKM Jamur Crispy

Print Friendly and PDF

Evi Yunia Nugraheni membantu UMKM jamur crispy.

Mahasiswa KKN Univet Bantara Ikut Mengembangkan UMKM Jamur Crispy 

Karanganyar- majalahlarise.com -KKN mandiri UNIVET memiliki program kerja unggulan yaitu Rumah Cerdas Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo (RC-UVBN) yang merupakan rumah manajemen seluruh kegiatan KKN yang akan dilaksanakan. Sesuai dengan tema KKN Mandiri periode II Tahun 2022  “Pendidikan Masyarakat di masa Pandemi Covid-19” maka Rumah Cerdas Univet (RCU) diharapkan menjadi tempat yang disediakan mahasiswa KKN dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada di lingkungan tempat tinggalnya. RCU-UVBN terdapat 4 bidang utama yakni Bidang Pendidikan, Kesehatan, Sosial Budaya, dan Ekonomi Kreatif.

Evi Yunia Nugraheni, salah satu mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Univet Bantara Sukoharjo melaksanakan KKN Mandiri di lingkungan tempat tinggalnya yang berlokasi di Desa Sendangsongo, Kelurahan Tohkuning, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar selama 45 hari, dimulai dari tanggal 1 Februari sampai 17 Maret 2022 dengan mengambil fokus bidang Pendidikan. 

Di KKN ini ada dua proker yaitu proker utama dan proker penunjang, untuk proker utama yaitu di bidang pendidikan dan untuk proker penunjang ada ketahanan ekonomi masyarakat.

Salah satu program yang bertujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dengan membuat usaha jamur crispy dan dipasarkan secara online. 

Mahasiswa KKN Univet mengajak pemilik budidaya jamur untuk mengembangkan usahanya di bidang olahan industri. "Saya mengajarkan cara membuat dan memberikan resep jamur crispy kepada ibu suparti pemilik budidaya jamur tiram. Selain itu saya juga mengajarkan pembuatan label usaha dan mengajarkan mengelola sosmed pemasaran awal yaitu di instagram," terangnya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top