PMM Modul Nusantara Unisri Menggali Kearifan Lokal Melalui Desa Wisata

Print Friendly and PDF

Kegiatan kebhinekaan di desa wisata Siblarak, Sidowayah, Klaten.


PMM Modul Nusantara Unisri Menggali Kearifan Lokal Melalui Desa Wisata 

Klaten- majalahlarise.com -Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Modul Nusantara di perguruan tinggi penerima yaitu Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) menyelenggarakan kegiatan kebhinekaan yang terakhir di desa wisata Siblarak, Sidowayah, Klaten. Rabu (1/12/2021) pukul 10.00-12.00 WIB. 

“Terimakasih atas segala bentuk antusiasme dan semangat dari mahasiswa dalam mengikuti kegiatan ini. Dengan adanya kegiatan kebhinekaan ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam menggali kearifan lokal melalui desa wisata,” ungkap Andri Astuti Itasari S.Sos, M.I.Kom selaku dosen modul nusantara di Universitas Slamet Riyadi saat membuka acara ini.

Kegiatan kebhinekaan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh  Alwan selaku pemandu wisata. Ia memaparkan mengenai sejarah dan perkembangan desa wisata Sidowayah. Desa wisata ini terdiri dari desa wisata Siblarak, kampung dolanan dan Umbul Kemanten. 

"Di desa Sidowayah ini juga menonjolkan keunikan setiap rukun tetangga, sehingga dalam hal ini dibutuhkan rasa saling membantu, menghormati dan toleransi seperti tujuan dari kuliah modul nusantara ini," terangnya. 

Berawal dari pemaparan ini, membuat mahasiswa saling sharing terkait desa wisata dari daerah asalnya masing-masing. Sehingga para mahasiswa saling mengenal dan menumbuhkan rasa toleransi terhadap kearifan lokal daerah.  

Kegiatan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan mahasiswa modul nusantara yang terdiri dari berbagai Universitas di Indonesia yang memiliki latar belakang, ras, suku, agama, budaya dan adat istiadat berbeda dalam merajut kebhinekaan melalui desa wisata. (Monica/ Sofyan)


Baca juga: Pusat Studi Pangan dan Pusat Studi Wanita Unisri Beri Pendampingan Stunting Bagi Warga Blumbang Klego Boyolali



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top