UPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SPIRITUAL MELALUI MUTABA'AH YAUMIAH DALAM KEGIATAN BELAJAR DARING

Print Friendly and PDF

UPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER SPIRITUAL MELALUI MUTABA'AH YAUMIAH DALAM KEGIATAN BELAJAR DARING


Oleh: Enik Purwantiningsih

Guru Mata Pelajaran PPKn SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru, Sukoharjo Jawa Tengah

Enik Purwantiningsih


       Lebih dari satu tahun kita berada pada era pandemi Corona Viruses Diseae 2019  (Covid-19). Dampak pandemi Covid-19 tidak hanya pada bidang perekonomian, bidang  pendidikan tak dapat terhindar dari wabah Covid-19 ini. Terhitung sejak bulan Maret 2020 kegiatan pembelajaran di sekolah yang semula dilaksanakan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran daring. Tidak membutuhkan waktu yang lama bagi SMA Islam Al Azhar Solo Baru untuk menyikapi hal tersebut, kegiatan belajar mengajar secara daring dengan mudah dapat dilaksanakan oleh guru dan para siswa, berbagai macam aplikasi digunakan guna mendukung keberhasilan pembelajaran daring tersebut. 

       Dalam hal kegiatan pembelajaran tentunya banyak mengalami perubahan yang signifikan. Terutama dalam pemantauan ibadah siswa-siswa kami, yang semula dapat kami pantau secara langsung di sekolah akibat pembelajaran yang dilakukan secara daring tentunya kami dari para guru tidak bisa memantau kegiatan tersebut secara langsung. Tetapi kami tidak berhenti disitu saja, Alhamdulillah SMA Islam Al Azhar 7 Solo Baru memiliki salah satu program yang diampu oleh Bidang Keagamaan yaitu “Pendidikan Adab” salah satunya dengan pengisian form Mutaba’ah Yaumiah.

       Mutaba’ah Yaumiah adalah kegiatan evaluasi amal sehari-hari baik wajib maupun Sunnah. Melakukan mutaba’ah yaumiyah merupakan salah satu cara untuk mengecek kualitas iman. Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam mutaba’ah yaumiyah tentunya adalah konsisten dalam melaksanakan amalan-amalan yaumiyah secara rutin dan teratur. Kegiatan Mutaba’ah Yaumiah tersebut antara lain adalah : 1.  Melaksanakan sholat tahajud, 2. Melaksanakan sholat Dhuha, 3. Membaca Al qur’an atau istigfar, 4. Membaca do’a perlindungan atau marabahaya atau Al maksurat, 5. Melakukan amal soleh kepada kedua orang tua

       Salah satu cara yang dilakukan agar siswa-siswa dapat melaksanakan Mutaba’ah Yaumiah secara rutin yaitu setiap hari siswa mengisi link google form yang dibuat oleh tim keagamaan. Wali kelas setiap harinya berperan dalam mengingatkan para siswa untuk mengisi link google form tersebut yang nantinya akan direkap tim keagamaan yang nantinya akan dituangkan dalam rapot keagamaan setiap 3 bulan sekali, akan disampaikan pada waktu BLP penilaian tengah semester dan BLP akhir semester.

       Pelaksanaan kegiatan mutaba’ah yaumiah sangat penting untuk dilaksanakan pada setiap harinya, dan setiap hari ibadah yang dilakukan adalah sama, yaitu kelima hal tersebut, selain itu manfaat amal yaumiyah ini tidak perlu diragukan lagi yaitu pahala dan kedudukan mulia disisi Allah SWT. Dengan harapan ketika hal tersebut dilakukan secara berulang-ulang akan menjadi kebiasaan yang dapat dilakukan setiap hari untuk meningkatkan sikap spiritual siswa sampai nanti siswa-siswa mengenyam pendidikan yang lebih tinggi. 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top