PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI NEWS ITEM TEXT (TEKS BERITA) SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XII SEMESTER GENAP 2020/2021 SMA NEGERI 1 MANYARAN

Print Friendly and PDF

PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMAHAMI  MATERI NEWS ITEM TEXT (TEKS BERITA) SELAMA PEMBELAJARAN DARING DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XII SEMESTER GENAP 2020/2021 SMA NEGERI 1 MANYARAN

Oleh : Kalis Joko Wiyono, S.Pd

Guru Mapel Bahasa Inggris SMA Negeri 1 Manyaran, Wonogiri Jawa Tengah

Kalis Joko Wiyono, S.Pd


       Pandemi Covid-19 telah merubah proses pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka berubah menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).  Ditetapkan PJJ ini mengharuskan guru aktif dan inovatif menciptakan model pembelajaran yang disesuaikan dengan situasi dan keadaan yaitu melalui daring atau online.

       Pada awal dimulainya PJJ banyak diantara guru belajar menggunakan aplikasi di handphone maupun internet untuk mempermudah proses pembelajaran diharapkan materi yang dipelajari dapat dipahami siswa. Sehingga siswa mampu menguasai meteri yang diajarkan berdampak pada hasil belajar meningkat diatas KKM yang telah ditentukan.

       Penulis sebagai guru mata pelajaran Bahasa Inggris memberikan pengajaran pada siswa kelas XII Semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 dengan Kompetensi dasar : 3.4 yaitu membedakan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks news item lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi terkait berita sederhana dari koran/ radio/ TV, sesuai dengan konteks penggunaannya.

       Pengertian News Item Text
Jika ditelaah dari arti katanya, News berarti berita. Maka News Item Text merupakan sebuah text dalam bahasa inggris yang menginformasikan mengenai kejadian pada hari ini. Kejadian yang dimaksud disini merupakan kejadian yang perlu diberitakan atau penting.

       News Item Text mempunyai 3 tahapan penulisan yaitu: Main Event. Main Event merupakan awal dari berita yang memuat topik utama dari pemberitaan. Disini biasanya hanya mengulas pemberitaan secara general atau umum. Elaboration (background, participant, time, place)
Elaboration
 merupakan penjelasan secara rinci dari pemberitaan mulai dari kenapa, siapa saja yang terlibat, kapan, dan dimana kejadian dari pemberitaan tersebut ditulis/dibacakan. Resource of information. Resource of Information merupakan bagian akhir yang memuat sumber dari informasi misalnya komentar dari masyarakat, atau pernyataan lisan dari narasumber.

       Tujuan dari News Item Text adalah untuk memberitahukan kepada pembaca tentang kejadian yang telah terjadi pada hari ini yang patut untuk diketahui atau penting. News Item Text mempunyai dua ciri unsur kebahasaan yaitu Focusing on circumstances (Terfokus pada keadaan dari kejadian yang diberitakan), Using material process (Kejadiannya diberitakan secara runtut).

       Ketika mempelajari materi ada beberapa kendala yang dialami siswa diantaranya: pemahaman teks berita siswa hanya terpaku pada ranah kognitif saja. Siswa hanya mampu mengenali dan membaca jenis teks
Siswa hanya mampu menghafal dan mengingat jenis teks dan struktur teks. Siswa belum mampu menganalisis, memproduksi dan membuat teks berita baru.

       Untuk mengatasi permasalahan tersebut, penulis melakukan tindakan menggunakan metode discovery learning pada proses PJJ untuk meningkatkan pemahaman dam kemampuan peserta didik pada dalam belajar bahasa Inggris. Merangsang kemampuan berfikir siswa untuk sampai pada sebuah kesimpulan tertentu. Dalam hal ini siswa diharapkan dapat mengasosiasikan dan membandingkan teks yang ada di sekitarnya dan menarik kesimpulan mengenai fungsi, struktur dan unsur kebahasaan. Dan yang terpenting siswa dapat memproduksi teks yang sejenis dengan bahasanya sendiri berdasarkan contoh-contoh teks yang ada di sekitarnya.

       Discovery learning adalah model pembelajaran yang mengarahkan peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan yang ingin disampaikan dalam pembelajaran. Penjelasan tersebut senada dengan pendapat Hanafiah (2012, hlm.77) yang menyatakan bahwa model pembelajaran discovery learning adalah rangkaian kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, dan logis sehingga mereka dapat menemukan sendiri pengetahuan, sikap, dan keterampilan sebagai wujud adanya perubahan perilaku.

       Sebelum dilakukan pembelajaran daring dengan metode discovery learning hasil pemahaman dan kemampuan pembelajaran Bahasa Inggris adalah sebagai berikut: Siswa yang paham hanya 45 % sedangkan yang belum paham 55%,ini menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada awal pertemuan saat model pembelajaran daring Discovey Learning belum maksimal karena  sistem pembelajaran hanya dilakukan dengan menggunakan whats App group.

       Pada pertemuan berikutnya, penulis mencoba memberi penguatan dengan cara menggunakan google classroom. Dalam pembelajaran minggu ini, penulis tidak hanya menggunakan google classroom tetapi juga menggunakan google meet. Informasi pembaharuan materi pelajaran mulai diberitahukan dalam bentuk pemberian informasi melalui message (pesan).

       Ketelatenan penulis mulai tampak hasilnya pada minggu ke 3 dengan hasil sebanyak 70% siswa mengikuti pembelajaran secara aktif. Hasil ini meningkat pada minggu ke 4 dengan hasil 80%.Hal ini menunjukkan bahwa informasi pembelajaran memerlukan lebih dari satu media untuk mendorong peserta didik memahami pembelajaran daring.



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top