Fakultas Pertanian UNISRI Jalin Kerjasama dengan Pemuda Tani HKTI Jateng

Print Friendly and PDF

 

Pemuda Tani HKTI Jateng saat foto bersama usai penandatanganan naskah kerjasama MoU dengan Fakultas Pertanian Unisri Surakarta.

Fakultas Pertanian UNISRI Jalin Kerjasama dengan Pemuda Tani HKTI Jateng

Solo- majalahlarise.com -Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Provinsi Jawa Tengah bersama Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menjalin kerjasama atau MOU. Selasa (9/2/2021) di aula Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta.

Hadir dalam kegiatan ketua Pemuda Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI)  Provinsi Jawa Tengah, Heriwanto, S.Pd.I, M.P.I dan dari Fakultas Pertanian Universitas Slamet Riyadi (UNISRI), Dr. Dewi Ratna Murhayati, MP. Kegiatan ini sebagai komitmen bersama dalam mewujudkan kesejahteraan pertanian di Jawa Tengah.

Heriwanto menjelaskan kerjasama ini sebagai bentuk komitmen HKTI Jawa Tengah dengan menggandeng perguruan tinggi. "Kita punya infrastruktur pendukung yang kuat dalam pengembangan pertanian di Jawa Tengah. Kerjasama ini akan kita kongkritkan dengan kegiatan - kegiatan yang aplikatif. Kegiatan yang riil menyentuh masyarakat," ungkapnya.


Baca juga: Podcast Siswa SMP Muhammadiyah PK, Peringati Hari Pers Nasional 2021

Sementara itu, Dewi Ratna Murhayati menambahkan kerjasama ini melingkupi pengabdian masyarakat, penelitian dan pendidikan. "Ke depan, jika kampus ada kegiatan kegiatan seminar kami berharap Pemuda Tani HKTI berkenan untuk memberikan materi," jelasnya.

Ada empat poin penting dalam kerjasama tersebut: Pertama, Pemuda Tani HKTI Provinsi Jawa Tengah dan Fakultas Pertanian Unisri sepakat mengadakan kajian urban farming yang berkelanjutan pada masyarakat kota di Jawa Tengah, upaya ini sebagai bentuk menjawab krisis ruang terbuka hijau, menjaga ketahanan pangan.

Kedua, sepakat percepat regenerasi Petani milenial dengan meningkatkan akselerasi kegiatan baik berbasis keterampilan, riset, atau kewirausahaan.

Ketiga, sepakat mengadakan kegiatan bersama dalam bidang
penelitian (riset) dan kegiatan pengabdian masyarakat di bidang
Pertanian. Keempat,  berkerjasama mendirikan Pusat Studi Ketahanan Pangan Daerah dengan konsentrasi mengkaji isu-isu strategis yang berkaitan dengan kebijakan dan dinamika pertanian baik daerah, nasional dan global. (Sofyan)


Baca juga: Kampus STIE Perbanas Surabaya Adakan Wisuda Online dan Berkonsep Outdoor


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top