Agar UMKM Bisa Beroperasi Saat Pandemi Covid-19, Inilah Caranya

Print Friendly and PDF

Dosen Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo, Yoppi Syahrial, MM
Agar UMKM Bisa Beroperasi Saat Pandemi Covid-19, Inilah Caranya

Sukoharjo- majalahlarise.com -Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini menjadi pukulan yang berat bagi sektor ekonomi terutama bagi pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah). Agar UMKM bisa beroperasional dengan baik ada beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain pelaku UMKM mengikuti protokol Covid-19 dari pemerintah atau Disperindag. UMKM memanfaatkan media online dalam promosi dan melakukan transaksi. Untuk membuat konsumen nyaman dan percaya, UMKM mempertontonkan kepada konsumen bahwa proses produksi telah higienis/standar anti virus. UMKM dapat menggunakan database konsumennya untuk  diberi personal message tentang berbagai promo produknya.

Hal itu diungkapkan dosen Fakultas Ekonomi Univet Bantara Sukoharjo, Yoppi Syahrial, MM kepada majalahlarise.com belum lama ini tentang langkah yang harus dilakukan oleh UMKM agar bisa bertahan dan usaha bisa beroperasional ditengah pandemi Covid-19 saat ini.

“Tips untuk UMKM yang bisa dilakukan dengan mengedepankan produksi yang higienis (pake masker, sarung tangan, penutup rambut) hingga packaging yang bebas virus. Memfollow up konsumennya satu per satu lewat database yang dimiliki. Membuat konten-konten promosi di media online yang menarik atau menggunakan influencer orang yang ternama dan berpengaruh untuk membuat konsumen percaya,” terangnya.

Lebih lanjut, pria yang juga memiliki usaha TAKOYAKI bermerek Mas Keenand ini mengatakan ada beberapa usaha yang bisa dioperasionalkan saat ini yaitu usaha lebih memprioritaskan sektor pangan atau bisnis kuliner dan bisnis kesehatan.

“Selama ada manusia maka yang dibutuhkan itu makanan yang higienis, dan perawatan kesehatan,” katanya.

Menurutnya, setelah pandemic Covid-19 selesai yang harus dikerjakan UMKM adalah memulai mengajak konsumen sebagai mitra bisnis atau cabang usaha. Sehingga konsumen juga bisa ikut merasakan perbaikan ekonomi bagi dirinya, dan mengadakan pendampingan secara periodik kepada mitra sehingga bisa berkembang bersama. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top