Bangkitkan Semangat Di Tengah Ketidakpastian Situasi

Print Friendly and PDF

Sofyan Yuli Antonius

Bangkitkan Semangat Di Tengah Ketidakpastian Situasi

Oleh: Sofyan Yuli Antonius

Situasi ketidakpastian yang dihadapi saat ini menjadikan sebuah pelajaran dan tantangan yang sangat berharga bagi setiap manusia. Pelajaran yang didapatkan yaitu menjadikan diri ini bersabar dalam menghadapi segala situasi yang ada. Sedangkan tantangannya yaitu menjadikan diri terus berusaha mencari solusi dan cara pemecahan setiap hal yang dihadapi secara cepat dan tepat. Selain itu menjadikan diri ini lebih dewasa dan tangguh dalam segala keadaan yang ada.

Ketidakpastian ini menghinggapi setiap manusia sebab hadirnya ketidakpastian mampu memberikan suatu ujian bagi manusia. Ujian berupa rasa takut, rasa kekhawatiran, rasa putus asa maupun perasaan yang tidak menentu.

Ketidakpastian yang melanda secara terus menerus akan mengakibatkan munculnya rasa frustasi dan menyerah sebelum melangkah. Bagaimanapun juga kita harus melawan rasa itu sekuat tenaga. Jangan sampai rasa ketidakpastian ini membuat semangat diri menjadi menurun yang akan memperngaruhi produktifitas dalam beraktivitas maupun bekerja.

Semangat dari diri sendiri perlu dibangkitkan disaat situasi ketidakpastian melanda. Sebab hanya dengan semangat yang muncul mampu mengatasi segala rasa takut, rasa kekhawatiran, dan rasa putus asa. Semangat sangat perlu digelorakan sehingga mampu menghilangkan rasa yang tidak menentu menjadikan rasa tenang dan optimis kembali.

Langkah yang bisa dilakukan agar semangat diri ini bangkit dan bergelora kembali diantaranya.
Berpikir positif. Selalu berpikir positif ketika dalam menghadapi situasi yang tidak pasti sangat diperlukan sebab dengan berpikir positif akan menyadarkan kita bahwa situasi ini berasal dari Allah Swt dan tentu ada hikmah dari semua hal yang terjadi.

Selalu berdoa. Berdoa memohon petunjuk dan dimudahkan serta dikuatkan diri dalam menghadapi situasi yang tidak pasti ini menjadi situasi yang pasti. Melalui berdoa Allah Swt akan memberikan petunjuk dan solusi yang terbaik agar kita dapat melakukan aktivitas seperti sediakala.

Selalu berkomunikasi positif. Menghadapi situasi yang tidakpasti diperlukan komunikasi posifif sebab komunikasi positif akan membawa dampak positif bagi psikologi atau kejiwaan seseorang. Sehingga jiwa dan pikiran akan selalu menjadi tenang dan dapat melangkah dengan pasti bahkan menghilangkan rasa kepanikan.

Bagaimanapun juga situasi ketidakpastian tetap akan terus menghampiri siapa saja. Namun jangan pernah patah semangat. Dengan mempompa semangat diri melalui berpikir positif, selalu berdoa dan selalu berkomunikasi positif akan mampu merubah diri ini menjadi lebih optimis dalam menghadapi situasi apapun. Semoga. (*)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top