SMPN 2 Nguntoronadi Rintis Kewirausahaan Agrobisnis

Print Friendly and PDF

Siswa membuat media tanam dari serabut kelapa.

SMPN 2 Nguntoronadi Rintis Kewirausahaan Agrobisnis

Wonogiri-majalahlarise.com-Mayoritas penduduk hidup dari usaha pertanian serta didukung sumber daya alam yang ada. SMPN 2 Nguntoronadi merintis usaha agrobisnis siswa. Perintisan ini dibimbing oleh Farid Hermawan salah satu guru dan didukung oleh kepala sekolah, Budi Sudaryatmo.

Farid Hermawan, saat berbincang-bincang dengan majalahlarise.com belum lama ini menceritakan rintisan usaha agrobisnis ini dilatarbelakangi semangat siswa yang terus belajar walau beberapa anak memiliki kecerdasan intelektual sangat rendah.

"Berbekal usaha tanaman ini, anak setelah lulus sekolah punya kemampuan berbudidaya tanaman yang bisa dipakai untuk pengembangan diri menciptakan lapangan kerja dan bisa memberi stimulan pendidikan plus," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, pendidikan plus yaitu memberdayakan anak ke arah entrepreneur atau kewirausahaan sesuai keadaan yang ada dikembangkan berupa sektor ekonomi agraris.

Siswa saat menanam bibit tanaman.
"Anak diajarkan pembuatan pupuk organik cair, pupuk kandang, pupuk kompos, budidaya tanaman buah seperti rambutan, mangga, buah naga, klengkeng. Setelah diajarkan di sekolah anak-anak juga bisa membuatnya di rumah digunakan di skala rumah tangga," ujarnya.

Disampaikan pula, pengembangan budidaya tanaman buah bisa dilakukan dengan cara mencangkok dan sistem entres.

"Melalui budidaya tanaman buah ini selain hasilnya dijual juga mengajarkan anak sering mengonsumsi buah-buahan hasil tanam sendiri. Kita juga sudah membuat manisan dari buah mangga kebetulan pas panen dalam jumlah banyak untuk dimakan bersama warga sekolah," katanya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top