Semarak Inspirasi UNS Undang Pemadam Kebakaran dalam Semarak Mengajar 2020

Print Friendly and PDF

Damkar saat melakukan simulasi pemadaman api di SDN 01 Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar.

Semarak Inspirasi UNS Undang Pemadam Kebakaran dalam Semarak Mengajar 2020

Karanganyar-majalahlarise.com-Kegiatan Semarak Mengajar (SM) 2020 yang dilaksanakan sejak tanggal 6/02/2020 hingga 17/02/2020 diramaikan juga dengan simulasi kebakaran yang merupakan kerjasama dengan pemadam kebakaran Karanganyar.  Simulasi kebakaran diadakan pada hari kedelepan SM 2020. Jumat (14/2/2020). Bertempat di halaman SDN 01 Wonosari, Gondangrejo, Karanganyar kegiatan ini berlangsung lancar.

Agenda hari kedelepan ini diikuti oleh siswa SDN 01 Wonosari mulai dari kelas satu hingga kelas enam. Pihak pemadam kebakaran tiba di SDN 01 Wonosari pukul 09.00 WIB dan kegiatan berlangsung hingga pukul 10.30 WIB.

"Tujuan simulasi ini, selain mengedukasi anak-anak ketika terjadi kebakaran juga mengenalkan salah satu profesi yang ada di masyarakat. Satu unit mobil pemadam kebakaran beserta empat petugas Damkar akan memberikan edukasi penanganan yang tepat ketika terjadi kebakaran," tegas M. Taufiek Heryansyah, ketua panitia Semarak Mengajar 2020 titik Wonosari.

Damkar memberikan sosialisasi apa saja yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Satu hal yang ditekankan dalam kesempatan ini bahwa memanggil Damkar tidak hanya ketika terjadi kebakaran, tetapi juga kejadian di luar dugaan lainnya, antara lain penemuan ular, sarang tawon dan sebagainya. Semua layanan tersebut gratis, dari Damkar untuk masyarakat.

Simulasi kebakaran merupakan hal baru dan pertama kali diselenggarakan di SDN 01 Wonosari. Siswa SDN 01 Wonosari tampak begitu antusias dengan kehadiran Damkar Karanganyar. Antusiasme ini diharapkan menjadi salah satu cara untuk mengenalkan profesi yang ada di masyarakat.

"Pokoknya seru banget dan jadi tahu tentang pemadaman kebakaran," terang Chelsea Sulis Setiyani, siswa kelas lima. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top