Kemah Bakti Penggalang SMP Negeri 4 Pracimantoro, Tampilkan Kethek Ogleng dan Beri Bantuan Sembako

Print Friendly and PDF

Kepala SMPN 4 Pracimantoro beserta Forkompincam Pracimantoro saat foto bersama dengan warga penerima bantuan sembako.

Kemah Bakti Penggalang SMP Negeri 4 Pracimantoro, Tampilkan Kethek Ogleng dan Beri Bantuan Sembako

Wonogiri-majalahlarise.com-SMP Negeri 4 Pracimantoro Kabupaten Wonogiri mengadakan Kemah Bakti Penggalang. Berbagai kegiatan yang dilakukan meliputi gladi penggalang, permainan outbond, penjelajahan alam, pentas seni, gebyar kembang api, dan bakti sosial bantuan sembako kepada warga kurang mampu di lingkungan sekolah. Perkemahan dilaksanakan selama tiga hari dua malam, Kamis-Sabtu (29-31/8/2019).

Kepala SMP Negeri 4 Pracimantoro, Agus Sumarno, SPd, MPd kepada media mengatakan kemah bakti ini menggunakan kurikulum pendidikan nasionalisme dan karakter bangsa yang dijabarkan dalam bentuk kegiatan kepramukaan. Peserta didik dibekali berbagai pengetahuan dan keterampilan kepramukaan secara menyenangkan di pos-pos kegiatan.

"Kami menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter kepada peserta didik melalui pos-pos kegiatan.  Kami tanamkan  pentingnya rasa percaya diri, etika, akhlak, tanggung jawab, kejujuran, kerjasama, kreativitas, dan kepedulian sosial ," jelasnya.

Kegiatan perkemahan diikuti semua siswa kelas 7, 8, dan 9 sebanyak 162 siswa. Peserta tampak bersemangat dan kompak dalam setiap pos-pos kegiatan seperti permainan outbond, baris-berbaris, pentas seni, dan penjelajahan alam.

Kemah bakti penggalang mendapat perhatian dari orangtua siswa dan masyarakat di lingkungan sekolah. Hadir pula pejabat Forkompincam, pengurus Kwarran, pengurus komite sekolah, dan sejumlah tamu undangan.

Upacara penyalaan api unggun dikemas dengan khidmat. Suasana berubah menjadi meriah setelah penyalaan api unggun dan kembang api. Penonton merasa takjub dan bersorak kegirangan. Setelah itu, penonton dihibur  pentas seni kethek ogleng dan seni kethoprak. Malam itu juga dibagikan paket sembako kepada warga kurang mampu di lingkungan sekolah.

Camat Pracimantoro, Warsito, SIP, MM saat menghadiri upacara penyalaan api unggun menyampaikan apresiasi atas kegiatan kemah bakti penggalang yang di dalamnya ada bakti sosial berupa bantuan sembako kepada warga kurang mampu.

"Kegiatan ini merupakan contoh positif bahwa gerakan pramuka di SMP Negeri 4 Pracimantoro telah mendidik pentingnya kepedulian sosial  kepada sesama. Hal tersebut  menjadi bukti wujud pengamalan Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka," kata Warsito.

Warsito juga memuji atas prestasi SMP Negeri 4 Pracimantoro yang unggul di bidang seni budaya. Selama ini siswa sekolah pinggiran ini telah menunjukkan prestasinya di berbagai event tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi, dan nasional. (Sofyan)


1 komentar:


Top