LDK OSIS SMP Negeri 4 Wonogiri Bekali Siswa Jiwa Pemimpin

Print Friendly and PDF

Peserta LDK SMPN 4 Wonogiri saat menerima pembekalan materi kepemimpinan. 

LDK OSIS SMP Negeri 4 Wonogiri Bekali Siswa Jiwa Pemimpin

Wonogiri-majalahlarise.com-Pembinaan latihan kepemimpinan siswa merupakan salah satu jalur pembinaan kesiswaan secara nasional selain jalur pembinaan organisasi kesiswaan, jalur pembinaan ekstra kurikuler, jalur pembinaan wawasan wiyata mandala. Untuk pembinaan latihan kepemimpinan siswa maka SMP Negeri 4 Wonogiri melaksanakan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) selama dua hari satu malam. Sabtu-Minggu (31/8-1/9/2019) bertempat di sekolah setempat.

Kepala SMP Negeri 4 Wonogiri, Sukiman, S.Pd disela-sela kegiatan menyampaikan tujuan LDK untuk menghimpun ide, pemikiran, bakat, serta minat kreativitas para siswa. Mendorong sikap, jiwa dan semangat siswa yang terpilih menjadi pengurus OSIS untuk dibimbing dan dimotivasi menjadi anak-anak yang memiliki potensi. Selain itu, membangun kinerja kesiswaan yang lebih terarah, berdisiplin dalam perilaku serta kepribadian yang bertitik tolak pada budi pekerti luhur.

“Latihan Dasar Kepemimpinan ini akan banyak manfaatnya bagi pengurus untuk melaksanakan tugasnya dalam keorganisasian. Kegiatan ini diikuti siswa-siswi kelas 7 dan 8 yang telah dipilih untuk menjadi pengurus OSIS baru,” ujarnya.

Sementara itu, panitia LDK sekaligus Waka Kesiswaan, Noor Effendi, S.Pd menjelaskan materi LDK mengacu pada empat pembinaan kesiswaan yang lebih membangun pemikiran siswa yaitu upacara pembukaan, pembagian kelompok, materi kepemimpinan dan tata krama, materi Oganisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS), wawasan wiyata mandala, materi motivasi yang berisi visi dan misi serta berpandangan luas ke depan.

“LDK dilakukan mengacu pada program kegiatan kesiswaan yang dilaksanakan di sekolah. Dibimbing para guru SMP Negeri 4 Wonogiri,” katanya. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top