Pesantren Kilat SMPN 8 Surakarta Diisi Berbagai Lomba

Print Friendly and PDF

Waka Humas SMPN 8 Surakarta, Ngateman, S.Pd saat menyerahkan hadiah kejuaraan kepada peserta lomba pesantren kilat. 

Pesantren Kilat SMPN 8 Surakarta Diisi Berbagai Lomba

Surakarta-majalahlarise.com-SMP Negeri 8 Surakarta mengadakan kegiatan pesantren kilat selama satu hari dari pukul 07.30 WIB sampai 18.15 WIB yang diikuti siswa kelas VII dan VIII. Selasa (21/5/2019).

Kepala SMPN 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd dalam sambutan pembukaan menyampaikan kegiatan ini merupakan hikmah dari bulan ramadhan yaitu peserta didik dengan antusias melaksanakan kegiatan pesantren kilat.

"Hal ini membawa kesan tersendiri bagi peserta didik dan Pembina sesuai dengan dunia pendidikan karakter peserta didik dikembangkan melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah piker dan olah raga dengan melibatkan peserta pada lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat," terangnya.

Sebelum kegiatan pesantren kilat dimulai, semua warga yang beragama Islam mengikuti Tadarus Al Qur’an. Sedangkan untuk peserta didik yang beragama non Islam menyesuaikan.

Dalam kegiatan pesantren ini juga diadakan berbagai lomba untuk peserta didik antara lain lomba Adzan dan Iqomah untuk peserta didik laki-laki, lomba kaligrafi kelompok, lomba kultum untuk peserta didik putra dan putri.

Lomba Adzan dan Iqomah bertempat di kelas 7 G. Sementara peserta didik putra mengikuti lomba, peserta didik putri mengikuti penyuluhan tentang kesehatan kewanitaan dari Dinas Kesehatan.

Lomba kaligrafi yang dilakukan di  ruang kelas. Peserta lomba kaligrafi ini satu karya terdiri dari empat atau lima peserta didik per kelompoknya. Jumlah semua peserta yang ikut dalam lomba ini 61 peserta didik. Kriteria penilaian dalam lomba kaligrafi ini antara lain kesesuaian kaidah penulisan, gradasi warna dan keindahan, kerapian, kebersihan.

Lomba kultum (kuliah tujuh menit) yang diikuti oleh setiap kelas diwakili dua siswa putra dan dua siswa putri. Kultum untuk putra yang bertempat di ruang Aula.

Hasil penilaian lomba Adzan dan Iqomah kelas VIII juara 1 – 3 yaitu Naufal Fauzan, Farel dan Jesen. Untuk Juara Favorit (setiap hari adzan dan iqomah) adalah Didan. Kelas VII juara 1 – 3 adalah Lucky, Devabia, Adrian Dariel. Juara Favoritnya adalah Mustofa.

Hasil lomba kaligrafi kelas VIII, juara 1 – 3 yaitu kelompok Annisa , kelompok Laila, kelompok Santi Sasmita. Sedangkan kelas VII juara 1 -3 adalah kelompok Fadhilah, kelompok Acacia dan kelompok Adit. Lomba Kultum kelas VIII juara 1 – 3 yaitu Wisnu, Farrel dan Krisna Ali.

Untuk Juara Kultum Putri kelas VIII adalah Resilia, Viska Aulia, Nafisha. Kelas VII lomba Kultum Putra juara 1 – 3 yaitu Deland, Ridho dan Arya. Juara Kultum Putri 1 -3 adalah Aqilatun Nisa, Anastasia, Nadia Marsha.

Tukar menukar snack dari peserta didik merupakan acara terakhir bertempat di ruang kelas masing-masing didampingi oleh wali kelas untuk membatalkan puasa. Setelah sholat Maghrib berjamaah diakhiri dengan  buka bersama yang sudah disediakan oleh sekolah dan dilanjutkan dengan doa penutup kegiatan keagamaan. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top