Pengumuman Kelulusan Siswa SMAN 1 Sidoharjo Diakses Lewat Aplikasi Online

Print Friendly and PDF

Kepala SMAN 1 Sidoharjo, Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd


Pengumuman Kelulusan Siswa SMAN 1 Sidoharjo Diakses Lewat Aplikasi Online

Wonogiri-majalahlarise.com-SMAN 1 Sidoharjo selalu membuat terobosan dan inovasi dalam mengembangkan sarana prasarana sekolah berbasis teknologi informasi. Kali ini, sekolah yang berada di desa ini  dalam pengumuman kelulusan siswa kelas XII tahun pelajaran 2018/2019 yang direncanakan tanggal 13 Mei  2019 menggunakan aplikasi web berbasis online yang dapat dibuka melalui handphone, rental internet atau laboratorium komputer terkoneksi internet.

Kepala SMAN 1 Sidoharjo, Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd mengatakan pengumuman kelulusan berbasis online ini selain pengembangan IT di sekolah juga meminimalisasi adanya konvoi anak-anak ketika lulusan.

"Jika selama ini pengumuman secara offline mengundang orang tua yang sering terjadi di SMAN 1 Sidoharjo maupun SMA lain begitu selesai pengumuman anak anak langsung konvoi sangat sulit dicegah meskipun mereka sudah menandatangani kesepakatan untuk tidak konvoi tapi faktanya mereka tetap melakukan konvoi. Kita tidak bisa melarang secara frontal yang bisa dilakukan meminimalisasi dengan pengumuman secara online," jelasnya. Jum'at (10/5/2019).

Lebih lanjut dikatakannya tahun ini pengumuman kelulusan bersamaan bulan puasa tanggal 13 Mei 2019 pukul 15.00 WIB mendekati buka puasa. Ketika melibatkan orang tua rasanya sangat tidak nyaman karena mereka banyak aktivitas mempersiapkan buka puasa.

"Selain meminimalisasi anak-anak konvoi apalagi dibulan puasa, pengumuman berbasis online makin memantapkan langkah  SMAN 1 Sidoharjo sekolah berbasis IT," terangnya.

Terkait teknis penggunaan aplikasi, Wanita yang akrab disapa bu Us ini menjelaskan anak-anak login memasukkan nomor peserta ujian. mereka akan menerima pengumuman kelulusan per individu.
 
"Ketika sudah mengetahui kelulusan anak-anak dan orang tua tidak perlu datang ke sekolah. Sehingga lebih nyaman lebih enak. Kita tidak membuat undangan dan rencananya dilakukan setiap tahun. Jika anak membutuhkan surat kelululusan kita akan melayani dijam-jam kerja," ujarnya.

Kemudian, pihaknya juga menerangkan  dalam pengumuman kelulusan ini tidak disertai penulisan hasil nilai ujian. Jika ingin mengetahui nilai dapat langsung ke sekolah menukarkan surat keterangan kelulusan yang sudah di print.

"Hadirnya inovasi sekolah berbasis IT ini tidak terlepas dari peran penting guru TIK yakni pak Muharto, S.Kom dan pakar IT yang juga alumni SMAN 1 Sidoharjo, Joko Purwanto, S.Kom," ungkapnya. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top