Seminar Nasional ICSB Kabupaten Karanganyar Hadirkan Hermawan Kartajaya

Print Friendly and PDF

Hermawan Kartajaya (memakai topi)  didampingi Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto dan pengurus ICSB Karanganyar saat meninjau stand pameran produk.

Seminar Nasional ICSB Kabupaten Karanganyar Hadirkan Hermawan Kartajaya

Karanganyar-majalahlarise.com-Pengurus ICSB (International Council for Small Bussines) Kabupaten Karanganyar menggelar seminar Nasional mengadirkan pembicara Chairman International Council Of Small Business (ICSB), Hermawan Kartajaya. Acara yang mengangkat tema UMKM dalam menghadapi industri 4.0 tersebut dibuka Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto mewakili Bupati Karanganyar, Juliatmono. Bertempat di Gedung Wanita Kabupaten Karanganyar. Selasa (23/4/2019).

Hermawan Kartajaya dalam pemaparannya menjelaskan tiga hal yang harus diperhatikan dalam pengembangan usaha, yakni why, what dan how.

"Di era industri 4.0 ini pengusaha harus tahu alasan melakukan sesuatu, harus tahu apa yang dilakukan dan bagaimana melakukan,” ungkapnya.

Selain itu, dikatakannya usaha yang mendapatkan perhatian pemerintah ada lima sektor yakni chemical (kimia), electronic (elektronik), automotive (automotif), textile and apparel (tekstil dan pakaian) dan food and beverage (makanan/minuman).

"Usaha saat ini yang paling prospektif bagi UMKM adalah sektor paling akhir yakni food and beverage," katanya.

Terkait pemasaran produk, Hermawan mengatakan keunikan brand produk sangat penting agar dikenal orang. Kalau tidak bisa bergabung saja dengan community branding.

"Tidak harus cepat tetapi UMKM harus cari waktu yang tepat, tempat yang tepat, dan situasi yang tepat. Belum tentu yang cepat itu tepat momentumnya. Kalau brand sudah kuat enak jalannya tinggal cari waktu tepat, tempat yang tepat dan situasi yang tepat," terangnya.

Adanya ICSB yang sudah masuk ke kecamatan se-Karanganyar ini, menurut Hermawan bagi UMKM Karanganyar ada banyak kesempatan melalui ICSB yang merupakan organisasi skala Internasional mulai tahun 1955 produk kabupaten Karanganyar yang memenuhi syarat dapat dipasarkan ke luar negeri melalui ICSB.

Sementara itu, Wakil Bupati Karanganyar, Rober Christanto dalam sambutan pembukaan seminar menyampaikan berkumpulnya para pengusaha UMKM Karanganyar yang tergabung dalam ICSB didorong bersama-sama untuk maju.

"Ini awal bagi pebisnis-pebisnis Karanganyar bersama-sama maju bersama. Hadirnya pak Hermawan memberikan petunjuk-petunjuk terhadap pebisnis Karanganyar untuk bisa memberikan brand bagi Kabupaten Karanganyar," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, juga dilakukan pelantikan pengurus ICSB Kabupaten Karanganyar. Dimeriahkan  bazar pameran produk UMKM kabupaten Karanganyar, parade band, lomba, hiburan dan kuliner. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top