BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi PTI UNISRI

Print Friendly and PDF

Tim BAN-PT saat melaksanakan visitasi akreditasi Prodi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Unisri. 

BAN-PT Lakukan Visitasi Akreditasi Prodi PTI UNISRI

SOLO-majalahlarise.com-Pendidikan Teknologi Informasi (PTI) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Slamet Riyadi Surakarta melakukan Akreditasi Program Studi S1 pada 4-6 April 2019.

Tim Asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada visitasi kali ini adalah Prof. Drs. Heru Suhartanto, M.Sc, Ph.D yang merupakan Guru Besar Universitas Indonesia, dan Prof. Dr. Syahrul, M.Pd yang merupakan Guru Besar Universitas Negeri Makasar.

Dalam sambutannya, Rektor UNISRI Prof. Dr. Ir. Sutardi, MappSc meminta kepada Asessor untuk memberikan masukan-masukan agar Prodi nantinya lebih bermanfaat bagi masyarakat.

"Saya menyambut baik asessmen lapangan akreditasi Prodi ini karena juga berguna untuk meningkatkan kinerja Perguruan Tinggi UNISRI," ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama Prof. Heru Suhartanto selaku Asessor berharap agar proses akreditasi ini dapat didukung oleh semua pihak sehingga dapat berjalan lancar dengan hasil yang memuaskan.

Senada dengan hal tersebut, Prof. Syahrul sangat mengharapkan kerjasama yang baik dari semua pihak agar semua data dapat terkumpul. "Yang kami lakukan disini hanyalah memotret semua perlengkapan yang disiapkan prodi dan ahli borang," ujarnya.

Dekan FKIP UNISRI, Dra. Sri Hartini, M.Pd sebagai tuan rumah dalam wawancara menyebutkan bahwa Akreditasi ini fungsinya adalah untuk menjamin mutu institusi secara eksternal, selain penjaminan mutu internal yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UNISRI.

"Diharapkan hasil evaluasi BAN-PT ini menjadi masukan bagi lembaga baik di tataran Universitas, Fakultas, maupun Prodi," jelasnya.

Pada kunjungan hari pertama, Asessor meninjau lokasi di UNISRI yang dimulai dari Layanan Administrasi, Penjaringan Mahasiswa, Perpustakaan, Pusat Bahasa, Ruang Kuliah, Ruang Pimpinan Fakultas dan Prodi, Laboratorium PTI, Laboratorium Multimedia dan Ruang Dosen.

Pada kunjungan hari kedua melakukan penilaian borang Program Studi. Standard penilaian meliputi tujuh bidang yaitu Visi Misi, Tata Pamong, Kemahasiswaan, Sumber Daya Manusia, Kurikulum, Tata Kelola Keuangan dan Sarana Prasarana, Penelitian dan Pengabdian serta Jaringan Kerjasama.

Pada kunjungan hari ketiga merupakan evaluasi dan pemberian saran dari Asessor kepada institusi yang di akreditasi. Diharapkan hasil evaluasi menjadi masukan untuk Prodi PTI agar semakin baik dan menjadi Prodi yang diminati di UNISRI. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top