Menwa Unisri Gelar Lomba Keterampilan Seni Baris Berbaris Pelajar se-Solo Raya

Print Friendly and PDF

Peserta lomba keterampilan seni baris berbaris menampikan aksi terbaiknya dihadapan dewan juri dan penonton. 

Menwa Unisri Gelar Lomba Keterampilan Seni Baris Berbaris Pelajar se-Solo Raya

Solo-majalahlarise.com-Komando Resimen Mahasiswa Mahadipa Satuan Menwa 925 Cakra Buana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar Lomba Keterampilan Seni Baris Berbaris tingkat SMP/ SMA/ SMK se Soloraya, bertempat di ruang Auditorium Unisri. Sabtu (30/3/2019).

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan seluruh Fakultas di Unisri, Komandan Korem 074 Surakarta, Komandan Lanut Adi Sumarmo Surakarta, Komandan Kodim 0735 Surakarta, Kapolsek Banjarsari Surakarta, Komandan Menwa Sub B Solorraya, KetuaDPP Lanut Jawa Tengah, dan Alumni Aatuan 925 Cakra Buana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama, Dr. Sutoyo MPd, memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Komando Resimen Mahasiswa Mahadipa Satuan Menwa 925 Cakra Buana Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta yang telah melaksanakan kegiatan rutin ini dan tamu undangan yang telah mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Menwa.

"Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah berkenan mengirimkan siswa siswinya untuk berpartisipasi dalam mengikuti LKSB 2019 di Unisri, mengingat kegiatan ini mempunyai nilai strategis dalam membangun generasi muda dalam menyiapkan generasi muda untuk memimpin bangsa ini," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, tema yang diangkat sangatlah bagus  Disiplin Sebagai Karakter Generasi Muda banyak nilai- nilai yang bisa kita ambil dari kegiatan ini antara lain kebersamaan, silaturohim antar peserta se Soloraya.

"Adanya LKSB 2019 ini peserta semakin mengerti nilai kedisiplinan, nilai tanggung jawab, nilai ketegasan dan nilai seni  karena keterampilan seni baris berbaris ini merupakan bagian dari pendidikan karakter yang harus dimiliki oleh seorang pelajar," pungkasnya.

Menurut Dansatgas LKSBB, Antonius Agus tujuan pelaksaan kegiatan ini  dalam rangka Dies Natalis Unisri ke 39 serta memperkenalkan Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta pada pelajar se Soloraya agar bisa menjadi barometer LKSBB dalam menumbuh kembangkan kegiatan yang positif serta semangat patriotisme dalam bentuk bela negara dan penyaluran bakat pelajar, melatih dan meningkatkan kedisiplinan pelajar, membangun kegiatan kepemudaan di Soloraya.

"Kegiatan ini bisa menumbuhkan rasa solidaritas dan persatuan dengan semangat jiwa nasionalisme antar generasi muda," ungkapnya.

Lomba ini diikuti oleh 23 pleton yang terdiri 7 SMP sederajat (MTs N 1 Surakarta, SMPN 2 Surakarta , SMPN 3 Surakarta, SMPN 13 Surakarta, SMPN 3 Klaten, SMPN 1 Mojolaban, SMP Islam Al Hadi Mojolaban) dan 16 SMA/ SMK Sederajat (SMK Mandalabakti Surakarta, SMA Batik 1 Surakarta, SMAN 5 Surakarta, SMKN 6 Surakarta, SMKN 7 Surakarta, SMAN 3 Surakarta, SMK Analis Kesehatan Surakarta, SMAN 1 Pracimantoro, SMKN 1 Pedan, SMAN 1 Tawangsari, SMK Sakti Gemolong, SMAN 1 Karangdowo, SMKN 2 Sragen, SMK Muhamadiyah 2 Andong, SMAN 1 Mojolaban, SMKN 1 Banyudono.

Peserta akan memperebutkan piala rector untuk kategori SMA/ SMK Juara umum, juara 1,2,3, piala  danton terbaik serta formasi terbaik, untuk kategori SMP  Juara umum, juara 1,2,3, harapan 1 dan 2 serta danton terbaik, disamping itu pemenang  kategori SMA juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar dua juta , juara 2 satu juta tujuh ratus limapuluh ribu rupiah, dan juara 3 satujuta limaratus ribu rupiah, untuk kategori SMP juara 1 akan mendapatkan uang pembinaan sebesar satu juta dua ratus lima puluh ribu rupiah, juara 2 satu juta rupiah, dan juara 3 tujuh ratus lima puluh ribu rupiah serta piagam penghargaan. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top