Angkringan Cabuk Kupatmu Inovasi Literasi SDN Cemara Dua Surakarta

Print Friendly and PDF

Pengunjung Gelar Karya Inovasi saat mengunjungi stand inovasi literasi Angkringan Cabuk Kupatmu SDN Camara Dua Surakarta. 

Angkringan Cabuk Kupatmu Inovasi Literasi SDN Cemara Dua Surakarta

Solo-majalahlarise.com-Mendengar kata angkringan pasti pikiran kita membayangkan bermacam-macam jenis makanan. Ada sundukan sate, tempe tahu bacem, nasi kucing, gorengan, dan lainnya. Tapi angkringan di SD Cemara Dua Surakarta berbeda dari biasanya. Angkringan karya inovasi literasi yang diberi nama angkringan "CABUK KUPATMU" (Baca Buku Ku Dapat Ilmu) ini menjajakan berbagai macam buku bacaan dan alat tulis.
Angkringan ini bisa ditemukan di stand pameran Gelar Karya Inovasi 2018 Kota Surakarta, Kamis-Jum'at (22-23/11/2018) di Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta.

Kepala SD Negeri Cemara Dua Surakarta,  Eni Idayati,  S.Pd, M.Pd mengatakan ide angkringan “CABUK KUPATMU” berasal dari angkringan adalah suatu tempat atau wadah bertemunya antara warga berdialog, penjual dan pembeli. Angkringan adalah tempat kuliner tradisional masyarakat Indonesia.

Sedangkan “CABUK KUPATMU” merupakan akronim dari Baca Buku Ku Dapat Ilmu. Angkringan “CABUK KUPATMU” yang bernuansa tradisional merupakan inovasi Gerakan Literasi Nasional di SD Negeri Cemara Dua untuk meningkatkan keterampilan yang harus dikuasai di Abad 21.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan di Angkringan “CABUK KUPATMU” antara lain Pemilihan duta literasi, Pengarahan duta literasi, Reward bagi siswa yang gemar membaca, Mengadakan lomba (sinopsis, puisi, cerpen, dongeng), Pelatihan enterprenuer sederhana bagi siswa, Pengumpulan karya-karya siswa dan penerbitan Majalah Anggun.

"Tujuan dari Angkringan “CABUK KUPATMU” antara lain dapat meningkatkan aktivitas siswa yang terarah, meningkatkan minat Baca Siswa Tinggi dan menumbuhkan daya baca siswa, meningkatkan motivasi siswa dalam membaca buku, menjadi wadah siswa yang mempunyai potensi tinggi dalam hal literasi, meningkatkan prestasi siswa, meningkatkan sarana literasi menjadi maksimal, menjadi wadah dalam mengembangkan literasi dan dapat meningkatkan keterampilan Abad 21 Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity," ujarnya.

Selain Angkringan "CABUK KUPATMU", karya inovasi SD Negeri Cemara Dua yakni “DAPAT TUKAR EMAS” DAPur sehAT pembenTUkan KARakter gEnerasi eMAS, inovasi Adiwiyata, toilet kejujuran. (Sofyan)






Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top