Kuliah Umum “The Power of Communication” FISIP Univet Bantara Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Ketua Umum Assosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam, Drs. Bono Setyo, M.Si saat memamarkan materi kuliah umum.

Penandatanganan Kerjasama antara FISIP Univet Bantara Sukoharjo dengan Assosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam

Kreatif dan Profesional Kunci Kekuatan Komunikasi

Sukoharjo-majalahlarise.com-Dunia terus berubah kalau kita tidak ikuti perkembangan zaman kita akan mati oleh zaman. Kata-kata itulah terbukti dengan alat komunikasi yang dulu orang menggunakan megaphone, berganti telepon, berubah menggunakan handphone lalu sekarang smartphone dan internet. Penggunaan smarphone dan internet saat ini mengubah zaman serba online maka itulah dibutuhkan orang-orang kreatif dan profesional dibidang komunikasi.
     Hal tersebut terungkap dalam kuliah umum disampaikan oleh Ketua Umum Assosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam, Drs. Bono Setyo, M.Si dengan tema “The Power of Communication” diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Komunikasi Univet Bantara Sukoharjo. Bertempat di ruang seminar Gedung H lantai 3 kampus setempat. Senin (23/4/2018).
     “Mahasiswa komunikasi harus memiliki nilai dasar-dasar komunikasi jika ingin menjadi orang sukses yakni kreatif dan profesional. Kalau tidak kreatif akan tergilas perkembangan zaman. Sedangkan profesional harus ahli dalam bidangnya. Bidang ilmu komunikasi sangat luas ada jurnalistik, marketer, penyiar, desain grafis, kehumasan dan lain-lain,” paparnya.
     Lebih lanjut, Dosen Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menyampaikan kunci sukses dalam bisnis tidak terlepas dari kekuatan komunikasi terletak pada jaringan (networking), marketing, sumber daya manusia, produk didukung financial. Selain itu, kekuatan komunikasi dalam bisnis dapat dicapai adanya aktifitas menyeluruh dari aspek internal dan eksternal.
     “Aspek internal meliputi visi dan misi, strategi, perencanaan program, budaya perusahaan, nilai-nilai dan prinsip dasar yang terdapat dalam perusahaan, motivasi karyawan. Sedangkan aspek eksternal meliputi marketing, iklan, customer relation, humas, media relation, negosiasi bisnis,” ungkapnya.
     Masih menurutnya, komunikasi merupakan kunci dalam meraih kesuksesan. Oleh karenanya gunakan secara optimal dan efektif diibaratkan komunikasi seperti oli, komunikasi itu licin mampu memperlancar semua urusan dan ibarat lem, komunikasi itu jadi perekat mampu menjalin keakraban dalam jaringan hubungan setiap orang.
     Wakil Rektor I Univet Bantara Sukoharjo, Dr. Herry Agus Susanto dalam sambutanya mengatakan kekuatan komunikasi terletak pada komunikasi itu sendiri seperti Bung Karno dalam berpidato mampu membangkitkan dan menggelorakan semangat perjuangan rakyat sehingga mencapai kemerdekaan Bangsa Indonesia.
     “Diharapkan mahasiswa ilmu komunikasi dapat memahami materi ilmu yang disampaikan, diketahui, dimengerti, dipahami dan implementasikan sesuai kebenaran dan manfaatnya untuk diri sendiri dan orang lain,” harapnya.
     Di tempat yang sama, Dekan FISIP Univet Sukoharjo, Drs. Joko Suryono, M.Si mengatakan kegiatan ini untuk pengayaan, peningkatan kerangka berpikir mahasiswa dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten dibidang komunikasi.
     “Kita ingin menciptakan iklim akademik yang dinamis dan aktif dengan mendatangkan dosen praktisi ahli dibidangnya,” katanya.
Dalam laporan, Ketua Pelaksana, Haryanto, S.Sos, M.Kom menyampaikan kegiatan ini diikuti mahasiswa program studi ilmu komunikasi semester 2, 4, 6 dan 8 serta mahasiswa dari program studi yang lain.
     “Harapan kami mahasiswa dapat memperoleh ilmu dan pengalaman dari narasumber yang dapat dipraktikan langsung untuk mendukung ketrampilan berkomunikasi cara baik dan efektif,” terangnya.
     Sebelum pemaparan meteri dari narasumber dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dan kerjasama (MoU) antara FISIP Univet Bantara Sukoharjo dengan Asosiasi Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Islam (ASIKOPTI) dalam bidang pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top