Komitmen Kembangkan Kerajinan Rotan dari Gatak Sukoharjo

Print Friendly and PDF

Dra. Sumirahayu, M.Hum Camat Gatak Sukoharjo
Komitmen Kembangkan Kerajinan Rotan dari Gatak Sukoharjo

Sukoharjo - majalahlarise.com - Kerajinan Rotan dari Desa Tansan, Gatak Sukoharjo sudah dikenal sampai mancanegara. Potensi kerajinan rotan tetap menjadi komuditas unggulan di Kecamatan Gatak Sukoharjo. Pasalnya berbagai upaya dilakukan pemerintah kecamatan untuk tetap mengembangkan kerajinan rotan salah satunya dengan mengadakan event grebeg rotan yang telah diselenggarakan setiap tahun. Tahun 2017 menjadi tahun kedua penyelenggaraan grebeg rotan ini.
     Kepada majalahlarise.com, Camat Gatak Sukoharjo, Dra. Sumirahayu, M.Hum saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan penyelenggaraan grebeg rotan tahun ini lebih baik dan bagus dari tahun pertama. Hal ini disebabkan banyak peserta yang ikut memerahkan acara ini serta berbagai bentuk kerajinan dari rotan dibentuk bermacam kreasi yang menarik dan unik.
     "Bapak Bupati Sukoharjo memberikan apresiasi diselenggarakan event grebeg rotan. Secara lesan Bapak Bupati sanggupi untuk grebeg rotan yang akan datang ada dana tambahan disesuaikan APBD. Event grebeg rotan ini mudah-mudahan lebih mengena ada manfaatnya untuk kesejahteraan masyarakat khususnya di Kecamatan Gatak," terangnya.
     Lebih lanjut, Wanita yang saat ini tinggal di Krapyak Rt. 02 Rw. 7 Desa Pucangan Kartosuro ini menuturkan pihaknya akan terus berupaya mempromosikan potensi kerajinan rotan tidak hanya di Desa Transan saja tetapi semua desa di kecamatan Gatak ikut mendongkrak potensi rotan ini.
     "Salah satu promosi rotan ketika acara lepas kenal saya beberapa waktu lalu menggunakan kursi rotan. Dukungan dari Dinas Pendidikan Gatak adanya gerakan olahraga holahop di SD se Kecamatan Gatak," tuturnya.
Mengenai harapan kedepan kerajian rotan, Wanita ramah ini berharap hasil kerajinan rotan berupa funiture, alat olahraga holahop, bola takraw, hiasan dinding dan sebagainya lebih go internasional. (Sofyan)


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top