PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA TINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAPEL KONSENTRASI KEJURUAN AKUNTANSI SMK N 1 PRACIMANTORO

Print Friendly and PDF

PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN APLIKASI CANVA TINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MAPEL KONSENTRASI KEJURUAN  AKUNTANSI SMK N 1 PRACIMANTORO

Oleh : Bambang Ixtyarto, S.Pd, M.Pd

Guru Akuntansi SMK Negeri 1 Pracimantoro, Wonogiri, Jawa Tengah

Bambang Ixtyarto, S.Pd, M.Pd


       Pencapaian tujuan pendidikan nasional tidak terlepas dari peran seorang guru dalam menciptakan proses pembelajaran yang kondusif, meningkatkan semangat siswa dalam proses belajar mengajar serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk itulah seorang guru harus mampu menentukan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan mata pelajaran yang diampu dan dapat diterapkan di dalam kelas. Dalam menentukan media pembelajaran tentunya disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, karakteristik siswa, keadaan kelas, maupun jangkauan yang ingin diterapkan.

       Dalam pembelajaran kelas XI mata pelajaran Konsentrasi Kejuruan Akuntansi di SMK Negeri 1 Pracimantoro, penulis menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi Canva. Hal ini dilatarbelakangi dari motivasi dan hasil belajar siswa nilai rata-rata kelas sebagian masih rendah yang dibuktikan pada hasil nilai ulangan harian di bawah kriteria kentuntasan minimal (KKM) 75.

       Rendahnya pencapaian hasil belajar ini diduga karena media pembelajaran masih menggunakan cara konvensional yaitu guru hanya menerangkan dengan ceramah, konsentrasi terpusat hanya pada guru, kurangnya aktif siswa bertanya jika ada kesulitan dalam memahami materi yang diajarkan, penyampaian materi guru terkesan monoton yang menyebabkan siswa merasa bosan.

       Untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran tersebut maka penulis menerapkan model dan media pembelajaran menggunakan aplikasi Canva dengan harapan siswa lebih tertarik bersemangat dalam mengikuti pembelajaran yang akhirnya mampu meningkatkan hasil belajar.

       Model pembelajaran menurut Udin (1992: 109-110) didefinisikan sebagai kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematik dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu yang berfungsi sebagai pedoman bagi guru dalam merencanakan pembelajaran.

       Sedangkan media pembelajaran menurut Hamka, 2018 bahwa media pembelajaran dapat didefinisikan sebagai alat bantu berupa fisik maupun non fisik yang seganja digunakan sebagai perantara antara tenaga pendidik dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efesien sehingga materi pembelajaran lebih cepat diterima peserta didik dengan utuh serta menarik minat peserta didik untuk belajar lebih lanjut.

       Aplikasi Canva adalah program desain online yang menyediakan bermacam peralatan seperti presentasi, resume, poster, pamflet, brosur, grafik, info grafis, spanduk, selebaran, sertifikat, ijazah, kartu undangan, kartu nama, kartu ucapan terima kasih, kartu pos, logo, label, penanda buku, buletin, sampul CD, sampul buku, wallpaper desktop, template, editing foto, gambar mini youtube, cerita instagram, kiriman twitter, dan sampul facebook.

       Kelebihan menggunakan aplikasi Canva diantaranya dapat meningkatkan kreativitas guru dalam mendesain media pembelajaran karena banyak fitur yang telah disediakan, serta memuat fitur drag dan drop. Dapat mendesain media pembelajaran kapanpun, tidak hanya menggunakan laptop tetapi juga dapat menggunakan ponsel smartphone.

       Dalam menerapkan aplikasi Canva sebagai media pembelajaran berupa media presentasi, langkah-langkah yang dilakukan penulis yaitu mendapatkan akses ke Canva dengan cara mengklik www.canva.com, kemudian melakukan login dengan akun Gmail, setelah berhasil mendaftar langkah yang dilakukan yaitu menyiapkan materi pelajaran yang akan diajarkan kepada peserta didik, lalu menentukan jenis media pembelajaran yang dibuat yaitu media presentasi. Selanjutnya mencari grafis template yang ada hubungannya dengan materi pelajaran yang diajarkan kepada peserta didik. Lalu mengedit di Canva. Setelah desain presentasi berhasil dibuat langsung di-download dengan mengklik tombol panah arah bawah. Hasil media pembelajaran dibuat dengan aplikasi Canva ini dibagikan kepada siswa melalui aplikasi media sosial yang sudah disepakati antara guru dan siswa. Bisa menggunakan aplikasi WhatsApp group, Instagram, maupun telegram.

       Diterapkannya media pembelajaran dengan aplikasi Canva membawa dampak positif bagi kemajuan pembelajaran yaitu siswa termotivasi dalam belajar karena tidak monoton dan hasil belajar mata pelajaran Konsentrasi Kejuruan Akuntansi sebagian besar nilai rata-rata kelas siswa kelas XI meningkat di atas kriteria kentuntasan minimal (KKM) 75.


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top