Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Ratusan Siswa Khataman Al-Quran

Print Friendly and PDF

Siswa SMP Muhammadiyah PK saat mengikuti kegiatan khataman Al Quran.

Sambut Tahun Baru Islam 1444 H, Ratusan Siswa Khataman Al-Quran

Solo- majalahlarise.com -Siswa SMP Muhammadiyah Program Khusus (PK) Kottabarat Surakarta menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 H, dengan kegiatan khataman Al Quran pada Jumat (29/7). Kegiatan diikuti 332 siswa dari kelas 7, 8, hingga kelas 9 beserta Ustaz-Ustazah dan karyawan.

Rubiatun Nurush Sholihati, S.Pd.I selaku Wakil Kepala Sekolah Bidang Al Islam dan Kemuhammadiyahan menjelaskan tujuan kegiatan khataman Al Quran agar para siswa lebih dekat dengan Al Quran. “Kita menutup aktivitas pada tahun 1443 H dengan mengkhatamkan Al Quran. Semoga kita semua semakin meningkat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT,” jelasnya.

Para siswa bergabung dengan setiap kelompok mentoring pembimbingan akademik atau lebih dikenal dengan PA. Setiap kelompok PA dipimpin oleh Ustaz atau Ustazah dengan beranggotakan kurang lebih 12 siswa. Masing-masing PA menyelesaikan target satu juz Al Quran. Terdapat 24 PA untuk 24 juz, sedangkan siswanya 6 juz dibantu oleh karyawan dan mahasiswa PLP dari UMS. Terlihat semua warga sekolah khusyuk membaca Al Quran sehingga lantunan merdu suara bacaan Al Quran memenuhi lingkungan sekolah.

Baca juga: Mapala Arcapada Unisri Meraih Merangin Dalam Perut Bumi

Rubiatun Nurush menambahkan sebelumnya pukul 06.30 WIB, para siswa melaksanakan kegiatan sholat dhuha di lapangan sekolah. Usai sholat, siswa berdzikir dan berdoa. Siswa juga menyimak tausiyah bertema hijrah yang disampaikan oleh Ustaz Widi Kusumajati, S.Pd.I. “Momentum tahun baru Islam ini, mari kita niatkan hijrah untuk menjadi siswa yang berakhlak baik dan berbuat baik terhadap sesama, tidak mem-buly teman, bahkan tidak mencela teman,” ajak Ustaz Widi kepada para siswa.

Sebagai rangkaian semarak Tahun Baru Islam 1444 H, minggu depan akan digelar bakti sosial ke anak yatim piatu dan podcast Kariim (Kajian Remaja Islam Muhammadiyah) melalui Youtube PK TV. 

Sementara itu, Billo Aurel Putra Denza, siswa kelas 9 C, mengaku senang dengan diadakannya kegiatan peringatan tahun baru Islam. Menurutnya, khataman Al Quran menjadikan dirinya semakin termotivasi selalu membaca Al Quran. (Sofyan) 


Baca juga: Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa Hubungan Internasional Unisri Bangun Ruang Baca dan Sanggar Belajar Di Desa Cepoko, Sragen




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top