Peringati Hari Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, SMAN 1 Pracimantoro Gelar Lomba Literasi

Print Friendly and PDF

 

Salah satu tayangan video peserta lomba tiktok.

Peringati Hari Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda, SMAN 1 Pracimantoro Gelar Lomba Literasi

Wonogiri- majalahlarise.com -Memperingati Hari Bulan Bahasa dan Sumpah Pemuda 2020, Tim Gerakan literasi SMA Negeri 1 Pracimantoro  mengadakan kegiatan lomba diikuti semua peserta didik kelas X-XII dengan mengangkat tema "Generasi Semangat Literasi Anti Hoaks Anti Provokasi". Kamis-Rabu, (22-28/10/ 2020).

Kepala SMA Negeri 1 Pracimantoro, Widodo, S.Pd., M.Pd dalam sambutan menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada panitia, bapak ibu guru maupun semua pihak yang terlibat langsung maupun tidak atas terlaksananya aneka ragam kegiatan lomba penguatan atau pemberdayaan literasi untuk peserta didik.

"Hal ini kita lakukan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa dan Hari Sumpah Pemuda sekaligus untuk mengisi waktu refreshing dari kegiatan tengah semester PJJ disaat  kondisi Pandemi Covid 19, yang menguras banyak energi seperti kita rasakan saat ini," terangnya.


Baca juga: Forum Taman Bacaan Masyarakat (FTBM) Kabupaten Wonogiri  Laksanakan Program Dermawan Peduli Literasi Pemasangan Spot Wi-fi Terpadu dan Rintisan Taman Bacaan Masyarakat

Dikatakan pula, kegiatan diibaratkan sembari berenang kita minum air yaitu untuk mempersiapkan dan menggali mutiara yang terpendam dari multiple intelegensi yang dimiliki peserta didik yang tentunya tidak lepas dari bimbingan dan arahan dari bapak dan ibu guru. Hal ini sekaligus juga digunakan untuk mempersiapkan diri menggali kader-kader terbaik dalam kegiatan FLS2N dan lomba-lomba lainnya.

"Selama kegiatan berlangsung, barangkali ditemukan kelebihan dan kekurangan yang menjadikan catatan, maka evaluasi diri perlu dilakukan untuk modal perbaikan pada kegiatan berikutnya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia, Choleta Surani mengatakan kegiatan lomba literasi ini bertujuan untuk menggali potensi dan kreativitas generasi muda, sehingga bakatnya tersalurkan dan membentuk insan yang berkarakter.


Baca juga: Laboratorium Komunikasi Unisri Gelar Diskusi Diplomasi Dibalik Busana

"Lomba diadakan secara virtual yang diikuti 19 kelas. Lomba yang dilaksanakan antara lain, Resensi Film Pendek "Piper" Karya Alan Barilliralo, Baca Puisi, Karaoke, dan Tik Tok. Lomba puisi dan karaoke diikuti perwakilan putra dan putri setiap kelas, lomba tik-tok dilakukan secara berkelompok, sedangkan lomba resensi diikuti oleh semua peserta didik yang tidak mengikuti lomba puisi, karaoke, dan tiktok," terangnya.

Juara diumumkan secara virtual melalui WA Group kelas pada hari Rabu, 28 Oktober 2020 pukul 13.00 WIB. Juara Lomba Baca Puisi: Juara 1 Mardi Safitri R (XII MIPA 1), Juara 2 Novi Rahmawati (XII MIPA 2), Juara 3 Ananda Putri Bela U (X MIPA 1). Juara lomba  Tiktok: Juara 1  kelas XI MIPA 1, Juara 2 kelas XII IPS 2, Juara 3 kelas X MIPA 2. Sedangkan juara karaoke: Juara 1 Januar Nindyah Ayu B. (XII MIPA 1), Juara 2 Aldilla Nurhaliza (XI MIPA 4), Juara 3 Dewintara Tata P (XII MIPA 3).  Lomba resensi film: Juara 1 Titania Rindriani Santoso (XII MIPA 2), Juara 2 Maharani Imbanagara (XII MIPA 1), Juara 3 Eka Putri Mardiana (XI MIPA 2).

Selanjutnya untuk video juara 1, 2, 3 lomba baca puisi, karaoke dan tiktok akan di"upload" di *INSTAGRAM OSIS @osissmansaprama* untuk mendapatkan dukungan *LIKE*👍sebanyak-banyaknya dan perolehan like terbanyak dari setiap lomba akan menjadi *Juara favorit* lomba literasi tahun ini yang akan diumumkan hari Rabu, 4 November 2020. (Sofyan)


Baca juga: Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Berbagi di Tengah Pandemi Lewat “Kencleng Surga”


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top