SMPN 1 Manyaran Jadi Pionir Radio Internet Sekolah di Wonogiri

Print Friendly and PDF

Salah satu siswa mempraktikkan menjadi penyiar radio.

 

SMPN 1 Manyaran Jadi Pionir Radio Internet Sekolah di Wonogiri

Wonogiri- majalahlarise.com -Untuk mendukung kemampuan siswa dalam public speaking dan pengelolaan media digital sekolah, SMP Negeri 1 Manyaran merintis radio internet sekolah dengan menggandeng radio internet di Wonogiri yaitu Radio GENTARA. Perintisan ini dimulai dari pelatihan radio internet kepada siswa LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) SMP Negeri 1 Manyaran menghadirkan narasumber Argi Noor (Owner PT. Gentara Digital Nusantara). Rabu (9/11/2022).

Menurut kepala SMPN 1 Manyaran, Agus Sumarno, S.Pd, M.Pd menyampaikan kehadiran radio internet sekolah ini memberikan wadah apresiasi dan kreativitas bagi siswa dan sekolah mempunyai paradigma baru atau berpikir beda dengan masa lalu. Karena sudah berada di era digital teknologi informasi sedemikian maju. Maka siswa didekatkan pada situasi pembelajaran menyenangkan khususnya literasi.

"Program sekolah yang akan membuat radio internet sekolah harapan kami anak-anak semakin senang. Potensinya dituangkan dalam hal menulis, kemampuan berbicara, dan lebih termotivasi sebagai siswa," ungkapnya.

Lebih lanjut disampaikan Agus Sumarno bahwa dirinya berkeyakinan adanya rencana membuat radio internet sekolah akan berpengaruh yang besar aksinya dan dampaknya menglobal. Karena siswa akan enjoy dengan radio digital yang dinikmati lewat handphone.

"Saya punya obsesi dengan adanya radio internet SMP Negeri 1 Manyaran punya dampak positif bagi peningkatan mutu pendidikan khususnya pengetahuan anak, karakteristik anak dan kreativitas anak," ujarnya.

Sementara itu, narasumber Argi Noor menyampaikan pengetian radio internet, perkembangan radio internet sekarang ini, kiat-kiat menjadi penyiar radio.

"Radio internet adalah layanan penyiaran audio melalui internet. Siaran radio internet dapat didengarkan melalui website, aplikasi maupun media player yang terhubung internet," terangnya.

Dikatakan pula, tiga alasan radio internet berdampak untuk pendidikan yaitu mempercepat penyampaian informasi dari dan keluar sekolah, memberikan ruang kreativitas bagi siswa, modernisasi pembelajaran yang dapat dimaksimalkan oleh guru.

"Cara kerja radio internet yaitu dalam pengelolaan studio radio berisi siaran dan lagu, untuk mengirimkan isi siaran maupun lagi melalui server Radio streaming yang merupakan pemancar radio internet, untuk mendengarkan menggunakan radio player menggunakan situs web atau aplikasi selular," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, juga siswa mempraktikkan menjadi seorang penyiar radio dengan membaca naskah siaran radio yang sudah disediakan oleh narasumber. Siswa peserta LDK sangat antusias mengikuti pelatihan radio internet sekolah. (Sofyan)




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top