SD Muh 1 Solo Diliput Indihome TV dalam Panggung Kamulah Bintangnya

Print Friendly and PDF

Penampilan siswa SD Muh 1 Ketelan Solo.


SD Muh 1 Solo Diliput Indihome TV dalam Panggung Kamulah Bintangnya

Solo- majalahlarise.com -SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta sekolah penggerak versi Kemendikbudristek RI berkesempatan diliput Indihome TV untuk program acara bertajuk ‘panggung kamulah bintangnya’ dan ditayangkan di channel Indikids Indihome TV. 

Tim produksi acara dari Indihome TV mendatangi sekolah budaya ini untuk meliput langsung kegiatan sejumalh ekstrakurikuler unggulan. Channel in-house yang menyajikan program pilihan anak-anak yang menghibur, mengedukasi serta memberikan inspirasi dengan program-program yang digemari anak serta mengedepankan konten local. 

“Host Chico Radella, model, penyanyi dan juga aktris cilik kelahiran Palembang, 28 Oktober 2011 yang penuh bakat. Tim produksi indhome tahu sekolah budaya ini via media sosial,” ujar staf Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan Danardono Sri Pamungkas, Selasa Sore, (22/11/2022).

Sinopis, Tari Cecapingan yaitu tari yang menggambarkan tentang kehidupan petani mulai dari mencangkul, membajak dan menanam padi. Garapan tari ini menggambarkan suka cita di kelompok masyarakat tradisional dalam mengolah lahan pertanian. Mereka bekerja, bersenda gurau, dan saling bersuka cita.Kebersamaan ini tercermin ketika musim panen telah tiba.

Baca juga: Kisah Suroyo Pemilik Surya Mebel Kepuh Manyaran, Sukses Usaha Mebel Tanpa Pendidikan Tinggi

Bercerita tentang sekelompok petani yang pergi ke sawah dengan semangat membara. Beramai-ramai memanggil teman petani yang lain untuk berangkat bersama-sama ke sawah. Sesampainya di sawah, mereka beristirahat sejenak dan mempersiapkan segala sesuatunya untuk mulai bekerja. Vokabuler gerak yang digunakan adalah gerak adaptasi dari aktivitas memanen padi di sawah, seperti gerakan menyabit, menanam padi, mengolah tanah dengan kaki.

Sinopsis "Anoman Duta". Anoman merupakan tokoh kera yang yang sakti karena keturunan dewa dan dianggap mampu sebagai utusan Rama Wijaya dalam mengabarkan keberadaan Shinta di Alengka. Dalam perjalanannya, ia bertemu siluman buaya yang bernama Wilkathaksini.  Anoman sempat tertelan oleh Kathaksini, tetapi berkat kesaktiannya ia berhasil keluar dari perut siluman tersebut. Setelah keluar dari mulut Kathaksini, Anoman segera membalas dengan pukulun dan menyobek mulut Kathaksini. Matilah Kathaksini ditangan Anoman. Setelah kematian Kathaksini, Sang Anoman melanjutkan perjalanannya ke Negara Alengka.

“Totalitas dalam pengabdian tanpa batas, sampai batas maksimal kekuatan manusia. Dalang Ki Brama Kesawa putra KiCahyo Kuntadi pengendang Ki Gibran dalang milenial,” pesan Ki Agung Sudarwanto.

Perform : Kolaborasi Bhs Inggris

Judul : A Confident kids (anak yg percaya diri)

Pelatih : Mrs. Zakiyah & Mr. Lanjar

Sinopsis :

Sebagai anak yang sedang menjalani proses tumbuh kembang, banyak sekali halangan dan rintangan untuk membuat seorang anak percaya diri dan malu untuk menunjukkan dirinya kepada teman, orang lain dan kepada dunia.

Dengan perpaduan menyanyi, puisi dan publik speaking, ketiga siswi membawakan bagaimana cara untuk menjadi anak yang percaya diri. Dimulai dari diri sendiri yang harus yakin bahwa dia mempunyai sesuatu yang spesial dan tidak di miliki oleh orang lain. Selain itu anak juga harus memiliki mimpi yang tinggi, bahwa "aku bisa, aku harus bisa". Semakin melihat ciptaan Allah yang maha pengasih dan dengan melihat suburnya alam Indonesia, niscaya itu semua bisa mmbuat hati kita menjadi yakin jika kita bisa terbang ke awan.

Menjadi anak yang percaya diri harus dengan melakukan beberapa latihan yaitu antara lain banyak berdo'a, rajin belajar, suka membaca, mengetahui skill yang di milikinya, menambah wawasan selain akademik misalnya musik, karawitan, olahraga, teknologi, serta suka menolong orang lain serta mnjalin bnyak kmunikasi. Menjadi percaya diri itu bisa dibuat.

Siswa dan guru SD Muh 1 Ketelan Solo serta crew Indihome TV saat foto bersama usai pementasan.

Baca juga: Wakasek SD Muh 1 Ketelan Ikut Workshop Kota Layak Anak

Wakil Kepala Sekolah bidang Humas, Jatmiko mengatakan, kegiatan ini semoga menjadi inspirasi bagi pelajar sekolah sehat dan siswa di seluruh Nusantara Indonesia serta masyarakat secara keseluruhan.

“Dengan tampilnya SD Muhammadiyah 1 Ketelan di Indihome TV semoga mampu mendorong terwujudnya profil pelajar Pancasila dan lebih dikenal oleh masyarakat luas,” jelasnya.

Selain itu kata dia, kami merasa sangat terharu, pasca perhelatan akbar Muktamar ke-48 Muhammadiyah Aisyiyah telah rampung lancar dan aman sejak dibuka oleh Presiden Jokowi sekolah terus memberikan layanan di bawah manajerial Sri Sayekti dan SW Winarsi Wakil Kepala Sekolah bidang Kesiswaan. 

“Kami sangat bersyukur atas liputan tersebut, karena kami memang selalu memberikan kesempatan anak-anak untuk meruang dan mewaktu sesuai bakat dan minatnya serta mengedepankan kreasi pada siswa kami,” pungkas Jatmiko. (Sofyan)


Baca juga: Berkunjung ke DKV ISI Surakarta, Siswa SMK Roudlotul Huda Magetan Dapatkan Materi Kreatif


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top