Kisah Suroyo Pemilik Surya Mebel Kepuhsari Manyaran, Sukses Usaha Mebel Tanpa Pendidikan Tinggi

Print Friendly and PDF

Suroyo pemilik Surya Mebel saat mengerjakan pesanan daun pintu. (Foto: Suci Smanyar)


Kisah Suroyo Pemilik Surya Mebel Kepuhsari Manyaran, Sukses Usaha Mebel Tanpa Pendidikan Tinggi

Wonogiri- majalahlarise.com -Pengusaha  sukses rupanya tidak mutlak menuntut pendidikan tinggi. Hal ini bisa melihat bagaimana perjuangan seorang Suroyo, yang hanya berbekal ijasah SD namun sukses dengan usaha mebel miliknya. Suroyo adalah pemilik usaha Surya mebel  yang terletak di dusun Sambeng , Kepuhsari, Manyaran, Wonogiri.

Perjalanan hidup seorang Suroyo memang bukan perjalanan yang mudah, justru lika-liku hidup yang dijalaninya membangunnya menjadi tangguh dan kini mampu membangun usaha mebel miliknya sendiri.

Berawal dari nasib malang yang harus dialaminya ketika SD, ia  harus putus sekolah karena faktor biaya. Dengan kondisi ini, Suroyo mencoba bekerja serabutan.

Dengan kemampuan  dalam pertukangan Suroyo mencoba memulai usaha mebel  yang bermodalkan uang Rp 250.000. Ia  memulai usaha tersebut pada tahun 1995 yang saat itu ia masih menginjak umur 19 tahun. 

Baca juga: Berkunjung ke DKV ISI Surakarta, Siswa SMK Roudlotul Huda Magetan Dapatkan Materi Kreatif

Mebel yang kerap dipesan meliputi kusen jendela, pintu, daun jendela, lemari, meja, kursi, tempat tidur. Bagi konsumen yang memiliki kayu sendiri akan membawa bahan dan ia hanya akan meminta jasa pembuatan dan biaya operasional produksi.

"Dalam satu bulan setidaknya usaha mebel ini merauk untung 3 juta rupiah/ bulan, tetapi omset itu tidak menjadi  patokan karena dalam satu bulan penghasilannya tidak menentu," ungkap Suroyo.

Rahasia sukses dari Suroyo yaitu selalu mau belajar baik itu belajar cara pengelolaan sampai belajar teknik produksi baru.

Dari kisahnya bisa diambil pelajara bahwa dengan kegigihan dan ketulusan dalam memberikan yang terbaik bagi konsumen maka seorang Suroyo yang awalnya bernasib malang harus menghentikan pendidikan karena masalah biaya justru kini mempunyai bisnis mebel yang dirintis sendiri. (Suci Smanyar)


Baca juga: Chyara, Kelas Tahfiz yang Kerap Juara Renang se Indonesia


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top