Kemitraan UMKM dan BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Print Friendly and PDF

Sosialisasi Kemitraan UMKM dan BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi.


Kemitraan UMKM dan BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi

Klaten- majalahlarise.com -Digelar agenda Sosialisasi Kemitraan UMKM dan BUMN Dorong Pertumbuhan Ekonomi. Kegiatan dilaksanakan di Tjokro Hotel Klaten, kegiatan di ikuti ratusan orang dari berbagai kalangan strategis. Hadir dalam kesempatan tersebut dari Anggota DPR RI Komisi VI/ Fraksi Golkar H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M dan Pembicara Profesional Harun Abdul Khafid. Minggu (20/11/2022).

Singgih menyampaikan BUMN terus mendorong kemitraan strategis antara BUMN dengan pelaku UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satunya dengan mendorong tambahan alokasi kredit untuk sektor UMKM dan menjadikan UMKM rantai pasok BUMN.

"Pembangunan ekonomi suatu bangsa harus seimbang dengan membangun pondasi ekonomi yang kuat melalui ekonomi kerakyatan yang didominasi pengusaha UMKM. Kekuatan UMKM tersebut yang dijadikan sebagai rantai pasok yang berkesinambungan untuk memenuhi pemain global. Sehingga antara UMKM dan pemain global Nasional tidak bisa berdiri sendiri," terangnya.

Ditambahkan, banyak pengusaha UMKM Indonesia yang bisa bertahan bahkan sejak krisis moneter 1998 hingga krisis multidimensi akibat Covid-19. Kunci bertahannya pelaku UMKM. Karena social capital yang kuat. Jika social capital ini dapat disinergikan dengan BUMN, tentu saja akan menjadi menjadi daya ungkit yang cukup besar untuk recovery perekonomi Indonesia pasca pandemi Covid-19. Jika tidak disinergikan maka ekonomi kita tidak memiliki daya tawar yang tinggi di pasar global.

Baca juga: Pamuji Bersamai 4 Kepsek Palu Kunjungi Sekolah Penggerak SD Muh 1 Ketelan

Menurut Singgih, UMKM memiliki spektrum usaha yang sangat luas sehingga permasalahannya tidak sama. Untuk itu, katanya, intervensi BUMN harus sesuai dengan permasalahan yang terjadi di UMKM. Jika intervensi tidak sesuai dengan permasalahan, maka keberpihakan BUMN ke UMKM hanya sekadar slogan. BUMN untuk pemberdayaan UMKM sangat penting. "BUMN diberikan mandat oleh UU untuk berperan sebagai kepanjangan tangan negara dalam memberikan pelayanan ke masyarakat," ungkapnya.

Saat ini yang dibutuhkan ialah menjadikan UMKM sebagai mitra strategis untuk memperkuat rantai pasok BUMN. Jika UMKM menjadi rantai pasok BUMN, maka kelangsungan UMKM dapat terus terjaga. Sehingga kehadiran UMKM di BUMN dapat tumbuh bersama untuk membangun ekonomi Indonesia. Jika BUMN mampu mensinergikan dan menjadikan UMKM mitra bisnis strategis BUMN, maka akan membuat perekonomian nasional tumbuh dan semakin tangguh. Dengan menjadikan UMKM mitra bisnis strategis BUMN, dipercaya perekonomian nasional dapat tumbuh 1 persen.

“BUMN dapat memiliki peran aktif untuk mensinergikan yang apik antara UMKM dan BUMN. Menjadikan mitra bisnis BUMN akan membuat harga diri UMKM meningkat. Momentum tersebut harus dimanfaatkan agar UMKM dapat memperkokoh perekonomian Nasional. Sehingga pendekatan tak sekadar kucuran dana CSR atau kredit UMKM," jelas Anggota DPR RI Komisi VI dari Fraksi Golkar tersebut. (Sofyan)


Baca juga: Kadisdikbud Provinsi Jateng Dr. Uswatun Hasanah, SMKN 1 Bawen Sebagai Tempat Studi Tiru


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top