Hadirkan Mahasiswa Alumni Kampus Mengajar dan Magang Merdeka, DKV ISI Surakarta Adakan Sosialisasi MBKM 2022 Secara Internal

Print Friendly and PDF

Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan sosialisasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka).


Hadirkan Mahasiswa Alumni Kampus Mengajar dan Magang Merdeka, DKV ISI Surakarta Adakan Sosialisasi MBKM 2022 Secara Internal

Solo- majalahlarise.com -Melalui kegiatan sosialisasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) internal yang diinisiasi oleh Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini sangat penting dilakukan karena memberikan dampak yang sangat baik bagi mahasiswa, diantaranya mahasiswa diharapkan dapat memperoleh pengalaman belajar secara langsung di lapangan, dan tantangan serta kesempatan untuk mengembangkan kreativitas dan kapasitas mahasiswa. 

Dengan peserta mahasiswa angkatan 2020 yang memenuhi ruang kuliah di kampus Mojosongo, dimana Prodi DKV FSRD ISI Surakarta mengadakan sosialisasi MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) sebagai bentuk penyebaran informasi tentang seputar bentuk program yang ditawarkan. 

Kegiatan yang diselenggarakan pada Rabu, 16 November 2022 ini diawali pemberian materi secara umum tentang MBKM oleh Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn selaku Kaprodi DKV yang disambut antusias oleh mahasiswa semester V ini. 

Sesi selanjutnya yang dipandu oleh moderator Basnendar H yang juga dosen Prodi DKV berupa materi testimoni dan berbagi pengalaman dari 2 (dua) mahasiswa, yaitu Diki Aldiansyah (angkatan 2019) dan Naviatul Ilma (angkatan 2018). 

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Gelar Karya Proyek Belajar Pancasila

Diki Aldiansyah sebagai alumni program Kampus Mengajar Batch 3 dengan berlokasi di SD Negeri Sapuran, Wonosobo, Jawa Tengah yang menjelaskan proses dan latar belakang saat mendaftar dan mengikuti Kampus Mengajar, serta  memberikan pengalaman program apa saja yang dilakukan saat di lokasi mengajar, dan manfaat mengikuti program tersebut. 

Selain Diky yang juga tahun ini lolos PKM VGK di Pimnas Tahun 2022 ini selanjutnya memaparkan mengenai konversi nilai yang diperoleh dalam Kampus Mengajar ini. 

Kemudian oleh Naviatul Ilma yang lolos seleksi mengikuti Kampus Mengajar Angkatan I di SD Negeri 2 Kumendung, Banyuwangi, juga menginformasikan prosedur bagaimana mengikuti program MBKM lainnya, yaitu Magang Merdeka, dimana Naviatul Ilma mendapatkan tempat magang di PT. Bank Rakyat Indonesia Cabang Boyolali, cabang Yogyakarta, dan Rumah BUMN Yogyakarta. 

Menurut Asmoro Nurhadi Panindias menjelaskan bahwa melalui kegiatan sosialisasi internal, diharapkan mahasiswa dapat mengembangkan kemandirian dalam mencari dan menemukan pengetahuan melalui kenyataan dan dinamika di lapangan seperti permasalahan yang kompleks, interaksi sosial, manajemen diri, tuntutan kinerja, target dan pencapaiannya. 

Dengan demikian, melalui program MBKM ini, mahasiswa diharapkan memiliki kapabilitas yang baik dan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan bidang ilmu yang dimilkinya ketika bergabung di masyarakat pungkasnya. 

Selanjutnya oleh Naviatul Ilma yang tinggal menunggu wisuda ini, menjelaskan bahwa dengan sosialisasi ini, bermanfaat sekali bagi mahasiswa agar lebih dini dalam mempersiapkan dan merencanakan program MBKM apa saja yang diminati. (Sofyan)


Baca juga: Dua Sapi Iringi Boyongan Tasyakuran Penempatan Gedung Baru Fakultas Pertanian Univet Bantara


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top