Asistensi Mengajar MBKM, Mahasiswa Unisri Nonton Bareng Tentang Sejarah Kepahlawanan di SDN 01 Nangsri Kebakkramat

Print Friendly and PDF

Siswa SDN 01 Nangsri Kebakkramat saat menonton bareng film sejarah kepahlawanan.


Asistensi Mengajar MBKM, Mahasiswa Unisri Nonton Bareng Tentang Sejarah Kepahlawanan di SDN 01 Nangsri Kebakkramat

Karanganyar- majalahlarise.com -SDN 01 Nangsri kebakkramat, Kabupaten Karanganyar menjadi salah satu tempat mengajar dalam program Asistensi Mengajar MBKM Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta.

Empat mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dengan Dosen Pembimbing Lapangan Dr Oktiana Handini diterjunkan untuk mengajar di sekolah dasar tersebut. 2 mahasiswa semester 7 dan 2 mahasiswa semester 5, yaitu Arwan Ade Putra, Nadia Putri, Anandita, Risma Pratiwi.

Mahasiswa asistensi mengajar mengadakan nonton bareng dalam rangka memperingati hari pahlawan pada tanggal 10 November 2022 bertempatan di aula sekolah SDN 01 Nangsri Kebakkramat dimana setelah melakukan upacara memperingati hari pahlawan peserta didik diarahkan untuk nonton bareng tentang sejarah kepahlawanan terdahulu. 

Baca juga: Upacara Hari Pahlawan Kecamatan Paranggupito Berlangsung Khidmat

Selama acara dimulai, peserta didik melakukan pencatatan tentang apa yang mereka lihat dari video yang telah di tampilkan, untuk yang kelas 1 sampai dengan 3 bentuk video sejarah kepahlawanan dalam bentuk animasi sedangkan kelas 4 sampai dengan 6 video tentang sejarah kepahlawanan dan sejarah tragedi 10 November di Surabaya materi yang akan menjadi tugas peserta didik adalah menyimpulkan isi dari sejarah kepahlawanan tersebut. 

Setelah nonton bersama peserta didik kembali lagi pada kegiatan pembelajaran di kelas masing masing yang akan dipandu kembali oleh wali kelas masing masing-masing kelas di SDN N Nangsri Kebakkramat. 

“Kegiatan tersebut dipimpin oleh mahasiswa Asistensi Mengajar,” kata Arwan Ade Putra, salah satu mahasiswa di program Asistensi Mengajar.

Dikatakan, kegiatan belajar mengajar dalam memperingati hari pahlawan sangat di sukai para peserta didik dan mereka bersemangat ketika nonton bersama dengan tema pahlawan dan setelah video ditayangkan. Ini dikarenakan kegiatan ini baru kembali lagi di tauangkan dikarenakan dia tahun tidak dilaksanakan secara ofline dikarenakan covid dan pada saat ini mahasiswa Asistensi Mengajar melaksanakan kembali nonton bareng tentang sejarah kepahlawanan yang mana penting dan harus di ketahui oleh peserta didik walaupun hanya sekilas sejarah bagaimana perjuangan para pahlawan terdahulu guna mengenang para jasa pahlawan terdahulu.

“Dengan adanya nonton bersama membuat siswa-siswa lebih aktif ketika video diputarkan," jelas Arwan, bersama mahasiswa asistensi mengajar lainnya.

Tujuan dilakukannya kegiatan nonton bersama diharapkan para peserta didik dapat memahami dan mengetahui jasa para pejuang pahlawan terdahulu, sebagai bekal peserta didik dalam mengenal sejarah pahlawan. (Sofyan)


Baca juga: Brama Dalang Cilik akan Meriahkan Pentas Wayang


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top