Unisri Surakarta Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian Bagi Calon Wisuda Periode II Tahun 2022

Print Friendly and PDF

Penandatanganan naskah kerjasama (MoU) antara Unisri dengan Kemnaker RI oleh Rektor Unisri Prof. Dr. Ir Sutardi, M. App.Sc dan Indyah Winasih,S.Sos., M.M Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker RI.


Unisri Surakarta Gelar Pendidikan dan Pelatihan Pengembangan Kepribadian Bagi Calon Wisuda Periode II Tahun 2022 

Solo- majalahlarise.com -Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta menggelar pendidikan dan pelatihan Pengembangan Kepribadian bagi calon Wisuda Periode II Tahun 2022 dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama), Indyah Winasih, S.Sos, MM (Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker RI), Sarafuddin, S.Pd, M.Pd (Kepala UPT UCC). Bertempat di Auditorium Kampus. Selasa (25/10/2022).

Rektor Unisri Surakarta, Prof. Dr. Ir. Sutardi, M.App.Sc dalam sambutan sekaligus membuka kegiatan menyampaikan rasa bangga dan bahagia kepada para calon wisudawan yang akan diberikan gelar akademik pada hari Sabtu 29 Oktober 2022 mendatang dan berpesan setelah diwisuda menjadi orang yang selalu bahagia.

"Orang bahagia itu lebih sehat, lebih panjang umur, lebih bisa menahan stres, lebih tahan kritik, dan lebih dekat kepada Yang Maha Kuasa," ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Sutardi menyampaikan tiga hal yang perlu dibawa sepeninggal kampus termasuk dalam kerangka kualifikasi nasional Indonesia yaitu sikap, hardskill dan ketrampilan umum maupun khusus.

Baca juga: Market Day MI Al Kahfi Manyaran Meriahkan Peringatan Hari Santri 2022

"Sikap perilaku itu dipelihara karena anda membawa bendera Unisri sebagai alumni Unisri. Hardskill ilmu pengetahuan yang sudah diperoleh selama kurun waktu kuliah di Unisri, Ketrampilan umum dan ketrampilan khusus perlu dicari dalam waktu dekat seperti ketrampilan dalam mengoperasikan komputer, paham IT, bisa berbahasa Inggris, juga kemampuan lain yang sudah terverifikasi," paparnya.

Sementara itu, Ketua panitia Sarafuddin, S.Pd, M.Pd dalam laporan menerangkan para narasumber memberikan materi kunci sukses dalam bekerja maupun dalam meraih pekerjaan oleh Prof. Dr. Sutoyo, M.Pd (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama).

"Materi yang menggugah dan membangun motivasi setelah menjadi alumni agar betul-betul paham dan mengetahui secara kafah dunia kerja sekarang," ujarnya.

Dikatakannya, materi berikutnya tentang dinamika peluang kerja dan penempatan tenaga kerja di Indonesia oleh Indyah Winasih, S.Sos, MM (Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker RI), dan materi dari Sarafuddin, S.Pd, M.Pd (Kepala UPT UCC) tentang tugas pokok dan fungsi UPT UCC serta etika budaya kerja.

Dalam kesempatan itu dilaksanakan penandatanganan naskah kerjasama (MoU) antara Unisri dengan Kemnaker RI oleh Rektor Unisri Prof. Dr. Ir Sutardi, M. App.Sc dan Indyah Winasih,S.Sos., M.M Direktur Bina Pengantar Kerja Kemnaker RI.

Sementara itu, Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) Republik Indonesia Ir. Afriansyah Noor, M.Si menyarankan Unisri berkolaborasi dengan lembaga pendidikan kerja (LPK) untuk para lulusan bisa penempatan kerja di luar negeri.

"Mereka berangkat ke negara penempatan Jepang, Korea bisa menghasilkan sesuatu membuat kesejahteraan keluarga dan membangun Indonesia setelah pulang," tuturnya saat hadir di Unisri. (Sofyan)


Baca juga: SD Muhammadiyah PK Kottabarat Kenalkan Potensi Agrobisnis Sejak Dini



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top