Tingkatkan Kapasitas Mahasiswa dan Dosen, FSRD ISI Surakarta Adakan Uji Sertifikasi Kompetensi

Print Friendly and PDF

Uji sertifikasi kompetensi FSRD ISI Surakarta.


Tingkatkan Kapasitas Mahasiswa dan Dosen, FSRD ISI Surakarta Adakan Uji Sertifikasi Kompetensi

Solo- majalahlarise.com -Sertifikasi Kompetensi sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dosen dan mahasiswa di lingkungan Fakultas Seni Rupa dan Desain, Institut Seni Indonesia Surakarta. Tujuan dari Sertifikasi Kompetensi untuk meningkatkan kemampuan, pengetahuan dan ketrampilan yang relevan antara proses pembelajaran di kampus dengan dunia industri, sehingga terjadi link and match antara perguruan tinggi dengan dunia industri. 

Bertempat di gedung Dekanat lantai 3, Kampus Mojosongo, FSRD ISI Surakarta dilaksanakan Pelatihan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi bidang Perfilman pada okupasi Penata Artistik, Wardrop, Make-Up, Set Decor, dan Manajer Unit yang diikuti 12 dosen dan 20 mahasiswa dari Prodi Film dan Televisi, Prodi Desain Komunikasi Visual, Prodi Desian Interior dan Prodi Seni Murni. 

Film bukan merupakan ilmu yang tunggal, dalam struktur produksi film diperlukan kompetensi dari disiplin ilmu yang lain. Struktur poduksi film dibangun dari 15 departemen dan ada 99 profesi pekerjaan dari industri perfilman di dalamnya. 

Baca juga: PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN MINATBELAJAR MATERI AYO MEMBAYAR ZAKAT KELAS VI SD

Gunawan Paggaru, Ketua Badan Perfilman Indonesia, mengatakan bahwa dari 99 profesi pekerjaan di bidang film ini tidak hanya diisi dari lulusan Prodi Film dan Televisi tetapi dari 13 Prodi yang ada saat ini di ISI Surakarta pasti masuk didalamnya, termasuk dari Fakultas Seni Pertunjukkan. 

Pelaksanaan sertifikasi kompetensi pada 15-17 Oktober 2022 dilakukan dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Pihak Ketiga/P3 Kreator, untuk bidang Perfilman. Kampus ISI Surakarta telah menjadi Tempat Uji Kompetensi dari LSP P3 Kreator Film dan Televisi melalui Surat Penetapan No. 007/SK/Ket-LSP/VII/2018. 

Menurut Dr. Ana Rosmiati, S.Pd., M.Hum selaku Dekan FSRD ISI Surakarta menjelaskan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi ini juga sebagai salah satu persiapan Pendirian LSP Pihak Kesatu (LSP P1) ISI Surakarta dan proses ajuan lisensi di BNSP, sehingga perlu menyiapkan SDM dan Asesor Kompetensi di ISI Surakarta. Pelaksanaan sertifikasi kompetensi ini, merupakan bagian dari proses untuk menyiapkan dosen di lingkungan FSRD untuk menjadi Asesor Kompetensi. 

Harapan ke depan, setiap mahasiswa yang lulus tidak hanya mendapatkan ijasah, tetapi juga mendapatkan sertifikat kompetensi sesuai bidang keahliannya, demikian disampaikan oleh Rektor ISI Surakarta Dr. I Nyoman Sukerna, S. Kar., M.Hum saat sambutan pembukaan kegiatan.  (Sofyan)


Baca juga: Puluhan Siswa SD Muhammadiyah 1 Solo Peringati Hari Cuci Tangan Sedunia




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top