Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Kerjasama PWI Surakarta Gelar Young Journalist Workshop Angkatan 1

Print Friendly and PDF

Narasumber dari PWI Surakarta, Dwi Puspita dan Ade Ujianingsih saat menyampaikan materi jurnalistik.


Prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet Kerjasama PWI Surakarta Gelar Young Journalist Workshop Angkatan 1

Sukoharjo- majalahlarise.com -Mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Veteran Bantara Sukoharjo mengikuti Workshop bertajuk "Young Journalist Workshop Angkatan 1". Menghadirkan narasumber dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Surakarta yaitu Anas Syahirul, Dwi Puspita, Ade Ujianingsih. Bertempat di ruang 1 dan 2 Gedung D lantai 2 FISIP. Jumat (21/10/2022).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi, Henny Sri Kusumawati, M.I.Kom saat ditemui mengatakan kegiatan workshop jurnalistik ini merupakan kerjasama antara FISIP Univet Bantara dengan PWI Surakarta. 

Workshop jurnalistik angkatan pertama ini sebagai perintisan diikuti mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi yang tergabung dalam pers kampus dan HIMAKOMl. Mereka nantinya memberikan inspirasi, motivasi ke angkatan berikutnya.

Wakil Dekan FISIP Univet Bantara, Dr. Betty Gama, M.Si menyerahkan secara simbolis mahasiswa prodi Ilmu Komunikasi FISIP Univet kepada PWI Surakarta diterima Bidang Pelatihan UKW dan Keanggotaan PWI Surakarta, Ade Ujianingsih.


Baca juga: Rumah Sakit PKU ‘AISYIYAH Boyolali Adakan Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing

"Nanti angkatan kedua dan seterusnya akan diikuti mahasiswa semester akhir tujuannya dari hasil workshop diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan sertifikat yang setara kapasitasnya. Kompetensinya setara dengan wartawan tingkat muda," ungkapnya.

Ditambahkan, dalam workshop ini mahasiswa ikut kegiatan peliputan wartawan profesional dan pembekalan dari orang-orang profesional dan kompeten dibidangnya. Selain itu, mahasiswa bisa mendapatkan manfaat maksimal dan layak sebagai pendamping ijazah.

"Harapan kita, semakin membuka peluang dari mahasiswa lulusan prodi ilmu komunikasi FISIP mendapatkan kesempatan kerja dibidang-bidang yang akan mereka geluti," ujarnya.

Sementara itu, Bidang Pelatihan UKW dan Keanggotaan PWI Surakarta, Ade Ujianingsih menyampaikan kegiatan yang baru pertama kali bekerjasama dengan FISIP Univet ini dilaksanakan selama satu minggu dengan membuat kelas pelatihan jurnalistik. 

"Materi yang diberikan seperti materi UKW (Uji Kompetensi Wartawan) tentang kewartawanan, teknik wawancara, penulisan berita, peliputan, etika jurnalistik," tuturnya.

Ditambahkannya, melalui workshop Jurnalistik ini mahasiswa benar-benar siap terjun langsung sebagai wartawan. "Jika mereka ingin masuk profesi wartawan sudah siap bekerja," jelasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Dekan FISIP Dr. Betty Gama, M.Si menyampaikan ucapan terimakasih kepada PWI Surakarta atas kerjasama yang diwujudkan dalam bentuk pelatihan jurnalistik untuk membekali mahasiswa siap terjun sebagai wartawan. Selain itu, berharap kerjasama ini terus terjalin.

"Kami berharap juga pada mahasiswa mengikuti workshop ini sebaik-baiknya. Materi yang disampaikan oleh narasumber dapat praktikkan sehingga bisa menjadi bekal untuk kerja jadi wartawan profesional," harapnya. (Sofyan)


Baca juga: Prof. Dr. Suyanto, Kualitas Perguruan Tinggi akan Dinilai Berdasarkan Employabiliti


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top