Family Gathering PIK POTADS Jateng "RAISE UP, KITA BISA” Sebagai Puncak Acara DSAM 2022 di CFD Solo

Print Friendly and PDF

Family Gathering PIK POTADS Jateng "RAISE UP, KITA BISA” .


Family Gathering PIK POTADS Jateng "RAISE UP, KITA BISA” Sebagai Puncak Acara DSAM 2022 di CFD Solo

Solo- majalahlarise.com -PIK POTADS Jateng dengan ketua Dra. Detty Supriastuti bersama tim Panitia Kolab DSAM 2022 melaksanakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Bulan Peduli Anak Down Syndrome (Down Syndrome Awareness Month/DSAM) 2022. Kegiatan ini dilaksanakan serentak pada hari Minggu, 23 Oktober 2022 di 4 tempat di Jawa Tengah yaitu di Soloraya, Semarang, Pemalang dan Kebumen. Untuk Soloraya dipusatkan di CFD Solo, jalan Slamet Riyadi Solo yang dihadiri dari 6 korwil yaitu Boyolali, Klaten, Wonogiri, Sukoharjo, Solo, Karanganyar dan Sragen. 

Sebelum acara puncak pada tanggal 23 Oktober 2022 dilaksanakan rangkaian kegiatan antara lain,  Sabtu, 15 Oktober 2022 dilaksanakan live Streaming di 102.2 Persada.FM, Ngobrol santai Wakil Ketua PIK POTADS Jateng Lulu Haryanti dengan host Irwan Firman dan Ahmad Fauzan tentang "DSAM dan Apa Sih Kebutuhan DownSyndrome"; Senin, 17 Oktober 2022, Live Streaming 102.2 Persada FM dan 107.9 MTA FM dengan Tema Seputar Down Syndrome, Kesehatan dan Tumbuh Kembang,  Pembicara Lulu Haryanti (Wakil Ketua PIK POTADS Jateng) dan Dewi Astuti (Sekretaris PIK POTADS Jateng); Kegiatan Webinar dengan menghadirkan motivator terkenal Andi Kusuma Brata, SE, S,Kom, MM., M,Si., MCH, CHt  dengan Moderator  Nurwening, yang dilaksanakan hari Selasa, 18 Oktober 2022 dengan Tema Let’s Raise Up ; Puncak acara DSAM hari minggu, 23 Oktober 2022, di CFD Solo, Slamet Riyadi dilaksanakan Family Gathering dengan tema "Raise Up, Kita Bisa".  

Sebelum acara puncak dilaksanakan Fun Walk dengan peserta kurang lebih 300 orang di sepanjang CFD jalan Slamet Riyadi Solo dengan membagi-bagikan bunga serta leaflet kepada kepada pengunjung Car Free Day, dilanjutkan  Dance/Senam “Aku ada Aku Bisa” dan Fashion Show dengan peserta perwakilan dari masing-masing korwil total peserta 19 anak, dimeriahkan juga dengan game pembagian doorprize untuk anak-anak special yang hadir. 



Ketua pelaksana DSAM 2022, Darsini kepada majalahlarise.com menyampaikan tujuan Family Gathering untuk memperkenalkan kepada masyarakat akan keberadaan PIK POTADS Jateng dan anak-anak DownSyndrome. Sehingga bila ada orang tua baru yang mendapatkan anugerah anak dengan DownSyndrome, mereka tidak perlu bingung untuk mencari dukungan moril.

"Sedangkan tujuan diadakan rangkaian kegiatan untuk menyambut Bulan Kesadaran Down Syndrome ini, adalah menguatkan para orang tua yang memiliki anak DownSyndrome tetap berbesar hati bersyukur dan semangat untuk melakukan intervensi demi mewujudkan anak-anak yang tumbuh sehat, berkembang baik, serta berprestasi. Menyosialisasikan eksistensi anak-anak DownSyndrome pada masyarakat, agar dapat diterima seperti anak-anak lazimnya, Mengedukasi masyarakat bahwa anak DownSyndrome bisa dilatih dan berprestasi," terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, para orang tua yang tergabung dalam PIK POTADS Jawa Tengah menyadari bahwa anak-anak istimewa ini dapat tubuh dan berkembang dengan baik apabila didampingi secara maksimal oleh orang tua. Oleh sebab itu PIK POTADS Jateng yang menginduk pada POTADS Pusat Jakarta ini bersama-sama berupaya mewujudkan tujuan utamanya. 

"Tujuan tersebut adalah memberdayakan orang tua anak dengan DownSyndrome agar selalu bersemangat untuk membantu tumbuh kembang anak istimewanya secara maksimal, sehingga anak-anak mampu menjadi pribadi yang mandiri, bahkan bisa berprestasi sehingga dapat diterima masyarakat luas; karena anak dengan Down Syndrome memiliki hak yang sama dengan anak-anak lainnya. 

Disampaikan pula, berdasar atas semangat inilah, PIK POTADS Jateng terus berupaya berperan dalam mengintervensi tumbuh kembang anak-anak DownSyndrome dan mencoba mendekatkan anak-anak DownSyndrome dapat diterima oleh masyarakat luas.

"Karena “aku ada aku bisa”, anak-anak DownSyndrome selayak anak-anak lazimnya, insyaAlloh. Salah satu upaya tersebut adalah dengan mengadakan peringatan Bulan Peduli Anak Down Syndrome (Down Syndrome Awarenes Month/DSAM) 2022," ungkapnya. (Sofyan)


Baca juga: 85 Siswa Ikuti Festival Tunas Bahasa Ibu 2022 Jenjang Sekolah Dasar Kecamatan Manyaran


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top