DKV ISI Surakarta Gelar Pre Event DKVACT #8 Lewat Mini Exhibition Rebranding Desain UMKM

Print Friendly and PDF

Sesi penyerahan secara simbolis sertifikat kepada perwakilan pihak UMKM dan desainer, serta pengunjung mengapresiasi karya rebranding 15 UMKM yang dipamerkan yang berupa logo hingga rancangan pengaplikasian dalam kemasan produk. 


DKV ISI Surakarta Gelar Pre Event DKVACT #8 Lewat Mini Exhibition Rebranding Desain UMKM

Solo- majalahlarise.com -Beragam desain logo dan desain kemasan yang tampil begitu menarik dari proses dari kegiatan yang melibatkan UMKM sebagai mitra dipajang dalam mini exhibition ini. Sejumlah 15 karya hasil olah kreativitas dari mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta ini sebagai bagian dari pre event yang ketiga kalinya diselenggarakan dalam rangka menuju event utama DKVACT yang kedelapan. Event DKVACT sebagai event rutin tahunan ini sendiri berlangsung dengan tujuan memberikan kebermanfaatan dari mahasiswa Prodi Desain Komunikasi Visual FSRD ISI Surakarta kepada masyarakat, yakni tentang bagaimana mahasiswa DKV mampu merespon dan memberikan aksi terhadap permasalahan sosial yang ada di masyarakat, khususnya dalam ranah komunikasi visual. 

Sebagai rangkaian Pra-Event yang ketiga event DKVACT #8 dilaksanakan dalam bentuk pameran kecil atau mini exhibition dengan menampilkan 15 karya hasil rebranding UMKM dari kreativitas mahasiswa Prodi DKV FSRD ISI Surakarta. 

Baca juga: SD Muhammadiyah PK Banyudono Adakan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Gelaran mini exhibition yang digelar pada Jum'at, 7 Oktober 2022 yang merupakan rangkaian terakhir dari dua pra event yang telah diadakan pada bulan September, dimana karya yang ditampilkan merupakan cuplikan dari kegiatan diskusi para peserta yang sudah melakukan kegiatan rebranding terhadap 15 UMKM di Surakarta. 

Bertempat di Gedung Sungging Prabangkara, Kampus II ISI Surakarta diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan sambutan dari ketua DKVACT #8 yaitu Daniel Iota Raya yang menyampaikan bahwa pra-event 3 ini menjadi implementasi salah satu tema acara yaitu responsif sebagai aksi mahasiswa merespon  permasalahan sosial yang ada di masyarakat, salah satunya dengan membantu branding UMKM. Kemudian sambutan selanjutnya oleh Kaprodi DKV, Asmoro Nurhadi Panindias, S.Sn., M.Sn sekaligus membuka hajatan kreatif. Sesi berikutnya adalah testimoni dari perwakilan dari UMKM Simple Ex yaitu Sabto Widiatmoko dan perwakilan dari desainer yaitu Alfin Ade Putra. 

Sesi penyerahan secara simbolis sertifikat kepada perwakilan pihak UMKM dan desainer, serta pengunjung mengapresiasi karya rebranding 15 UMKM yang dipamerkan yang berupa logo hingga rancangan pengaplikasian dalam kemasan produk. 

Daniel Iota Raya selaku ketua panitia menjelaskan bahwa desain rebranding mampu memberikan dampak nyata khususnya untuk meningkatkan keuntungan ekonomi dan mampu bersaing bagi UMKM di pasar lokal hingga internasional. 

Selain itu manfaat yang lainnya, proses branding dapat menemukan identitas dan jati diri UMKM. Adapun manfaat dari pihak desainer sendiri, dapat menambah pengalaman dalam menuangkan gagasan dan ide dalam mendesain. 

Sedangkan menurut Asmoro Nurhadi Panindias menyampaikan bahwa event tahunan DKVACT ini diselenggarakan besuk 28-30 Oktober 2022 sebagai wujud kegiatan pengabdian masyarakat dan sebagai media belajar mahasiswa DKV untuk terjun langsung di lingkungan masyarakat. (Sofyan)


Baca juga: Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW, TPQ Al Uswah Masjid Al Barokah Gunungan Adakan Lomba Mewarnai




Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top