2 Siswa MTs Raden Mas Said Juara II Lomba MTQ Pelajar Selogiri

Print Friendly and PDF

Siswa bersama kepala sekolah, guru MTs Raden Mas Said saat foto bersama.


2 Siswa MTs Raden Mas Said Juara II Lomba MTQ Pelajar Selogiri

Wonogiri- majalahlarise.com -Dua siswa MTs Raden Mas Said Selogiri meraih juara II di dua cabang lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kecamatan Selogiri, Kamis, 20 Oktober 2022. Dua siswa itu yakni Aulia Ikhsan meraih juara II cabang tahfidz putra dan M Bambang Irawan meraih juara II cabang tilawah.

Kepala MTs Raden Mas Said Selogiri, Trianto Hery Suryono, mengatakan prestasi itu luar biasa. "Kami sampaikan apresiasi kepada siswa peraih juara dan guru pendamping, Bu Laras. Semoga prestasi itu menjadi motivasi bagi seluruh sivitas akademika MTs Raden Mas Said," ungkapnya.

Trianto yang akrab dipanggil Mastus ini, mengatakan prestasi dua siswanya patut dibanggakan karena MTs Raden Mas Said baru kali pertama ikut lomba dan baru berumur satu tahun. "Siswa kami walau mayoritas dari dhuafa dan yatim piatu, memiliki talenta sama dengan siswa lain. Beban ekonomi keluarga tidak menjadi kendala dalam menempuh pendidikan," terangnya.

Siswa MTs Raden Mas Said.


Baca juga: Mahasiswa Magang Wirausaha Merdeka di UKM Sabdo Palon Dimonev

Lomba MTQ pelajar Kecamatan Selogiri, diikuti 66 pelajar jenjang TK/RA, SD/MI, SMP/MTs dan MA/SMA/SMK di Kecamatan Selogiri, Kabupaten Wonogiri. Ketua Badko Lembaga Pendidikan Alquran (LPQ) Kecamatan Selogiri, Aris Satriyawan, menjelaskan para juara pertama di jenjang tersebut menjadi duta Kecamatan Selogiri diajang serupa tingkat kabupaten.

Pelaksanaan MTQ tingkat Kabupaten Wonogiri akan digelar 17 November mendatang. Aris, penyuluh agama itu menyatakan jenjang TK/RA kategori lomba Tartil, jenjang SD/MI dua kategori yaitu Tartil dan Tilawah. Sedangkan jenjang SMP/MTS dan MA/SMA/SMK melombakan tiga kategori yakni Tartil, Tilawah dan Tahfidz.

"Bedanya di kategori Tahfidz, jenjang SMP/MTs peserta menguasai 1 juz sedang jenjang MA/SMA/SMK peserta menguasai 5 juz," katanya.

Lebih lanjut Aris, menjelaskan seleksi dilaksanakan sehari di Kantor Kecamatan Selogiri. Juri dari orang luar atau bukan dari KUA maupun pegawai Kecamatan Selogiri agar lebih fair. Dua ruang digunakan selama seleksi agar lebih fokus dan cepat.

Camat Selogiri, Sigit Purwanto didampingi Kepala KUA Selogiri, Sukono, SHi, di acara pembukaan mengatakan peserta seleksi MTQ adalah generasi terbaik yang dipilih dari Kecamatan Selogiri. "Juara pertama di masing-masing jenjang dan kategori mewakili ke tingkat kabupaten," tuturnya.

Sigit berharap semua peserta disiplin dan juri fair dalam menilai peserta lomba. "Semoga dari MTQ ini dihasilkan generasi qurani dan menjadi pemimpin terbaik di masa yang akan datang," ujarnya. (Sofyan)


Baca juga: Field Trip SD Muhammadiyah PK Kottabarat Perkuat Profil Pelajar Pancasila


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top