SMPN 8 Surakarta Terima 27 Mahasiswa PLP FKIP UNS

Print Friendly and PDF

Mahasiswa PLP FKIP UNS saat foto bersama dengan Kepala Sekolah dan Guru SMPN 8 Surakarta.


SMPN 8 Surakarta Terima 27 Mahasiswa PLP FKIP UNS 

Solo- majalahlarise.com -Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP ) merupakan istilah baru dari PPL dan Magang bagi Mahasiswa Program S1 Reguler FKIP – Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengenalan Lapangan Persekolahan ( PLP ) ini merupakan upaya pengembangan pengetahuan, pembentukan keterampilan dan peneguhan sikap yang dilakukan melalui belajar dengan berbuat (learning by doing).

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menerima 23 mahasiswa PLP dari FKIP (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan) UNS (Universitas Sebelas Maret Surakarta). Mahasiswa yang diterima untuk pengenalan lapangan persekolahan itu sebagai Koordinator Dosen adalah Dr.paed.Nurma Yunita Indriyanti, S.Pd., M.Si., M.Sc., di ruang Aula pada pukul 09.00 WIB sampai dengan 10.30 WIB. Dari SMP Negeri 8 Surakarta sebagai Koordinator Pamong adalah Hesti Setyaningsih, S.Kom. Rabu (7/9/2022). Sebelumnya pada hari Kamis, 1 September 2022, penyerahan Mahasiswa Pendidikan Jasmani sejumlah empat orang.

Mahasiswa PLP yang berjumlah 27 mahasiswa itu terdiri dari 7 mata pelajaran antara lain ; Bimbingan dan Konseling (3), Pendidikan Bahasa Indonesia (2) , Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan (4), Pendidikan Bahasa Jawa (5), Pendidikan IPA (6). Guru Pamong yang akan menjadi pendamping mahasiswa PLP antara lain ; Wahyu Prihatin Sayekti, S.Pd., Hetty Dwi Agustin, S.Pd., Siti Martabatul Aliyah, S.Pd., Ika Sri Hastuti, S.Pd., Hendiyartiningsih, S.Pd., Prico Diana Dewi, S.Pd.,.MH., Dra. Sri Suprapti, Sri Murwani, S.Pd., Rori Khoirudin, S.Pd., Muji Widodo, S.Pd.Fis., Dra. Inawati, Erfin Gangsaring, S.Pd. dan Nur Khasan, S.Pd.

Koordinator Dosen, Dr.paed.Nurma Yunita Indriyanti, S.Pd., M.Si., M.Sc., menyampaikan dalam penyerahan mahasiswa PLP, bahwa selama kurang lebih 3 bulan mahasiswa sepenuhnya melaksanakan tugas sesuai dengan yang diharapkan oleh Kampus. PLP merupakan upaya pengenalan secara dini mahasiswa kepada Sekolah selama 3 (tiga) bulan dimulai dari awal September dan berakhir sampai akhir Nopember. Kegiatan PLP ini dilakukan hampir seperti PPL beberapa tahun yang lalu.

Baca juga: Asyiknya Projek Sains Membuat Es Krim Siswa SD Muhammadiyah PK Kottabarat

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menyampaikan dalam sambutannya bahwa UNS melakukan kegiatan rutin PLP dilaksanakan dengan sekolah yang bermitra baik dengan SMP Negeri 8 Surakarta, pembimbingnya dilakukan oleh Dosen Pembimbing PLP dan Guru Pembimbing PLP. Kegiatan PLP ini berbobot 4 SKS. Kegiatan melakukan tugas PLP yang pertama kali dilakukan yaitu berlatih perkenalan profesi kependidikan (observasi sekolah). Selanjutnya adalah perencanaan pembelajaran selama sedikitnya 10 kali pertemuan dilakukan layanan terbimbing, untuk mematangkan bagi Mahasiswa. Kemudian berakhir dengan Ujian PLP.

Perlu diketahui bahwa PLP adalah suatu wadah untuk melatih dirinya bagaimana nantinya bekerja di dunia kerja yang sebenarnya. PLP merupakan syarat utama untuk melalui proses pendidikan . Mahasiswa tingkat akhir diwajibkan untuk melakukan PLP disuatu tempat terlebih dahulu sebelum mendapatkan gelarnya. PLP memang merupakan salah satu syarat wajib untuk mendapatkan gelar sarjana. PLP juga sebagai kesempatan untuk mengimplemantasikan ilmu-ilmu atau teori-teori yang selama ini sudah dipelajari di perkuliahannya.

Program PLP ini memberikan pengalaman awal tambahan sesuai dengan kewenangan tambahan yang akan diberikan kepada calon Guru. PLP ini juga bertujuan menyiapkan kemampuan awal calon Pendidik dengan mengalami langsung Pendidik dengan mengalami langsung mengajar pada bidang-bidang tertentu dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten Guru”.

Baca juga: Jumlah Mahasiswa Baru di Unisri Terus Meningkat, Rektor Prof. Dr. Sutardi Apresiasi Kinerja PPMB dan Media Massa

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, yang diwakili oleh Muji Widodo, S.Pd.Fis. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Mahasiswa PLP ini diharapkan agar bisa menjadi calon Guru yang baik atau setidaknya bisa meniru Bapak Ibu Guru yang menjadi pembimbinya atau bisa meniru dari Guru yang lain. Belajar bisa dengan siapa saja, jadi tidak harus menganggap sudah tua bisa dalam segalanya.

Disampaikan juga bahwa SMP Negeri 8 Surakarta dengan bangga menerima 27  mahasiswa PLP dan semaksimal mungkin memberikan sesuatu yang berguna bagi calon Guru tersebut dalam hal ini bisa dikatakan berbagi ilmu. Kebetulan Mahasiswa PLP yang berjumlah 27 Mahasiswa ini hanya 8 saja yang laki-laki, hal ini bisa menjadi bukti bahwa mendidik merupakan dominan dari pada para Ibu.

Disampaikan juga bahwa pada saat ini kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013  dan kurikulum merdeka yang mana kurikulum ini untuk mendampingi anak agar berkarakter atau yang lebih populernya PPK (Penanaman Pendidikan Karakter). Membiasakan melakukan perilaku yang baik. SMP Negeri 8 Surakarta yang berprestasi, berkarakter, berbudaya, berwawasan lingkungan berdasarkan iman dan taqwa.

Perlu diketahui bahwa SMP Negeri 8 Surakarta berhasil menjadi juara 3 Lomba Sekolah Sehat se Kota Surakarta. Terbukti bahwa sekolah ini memang benar-benar bersih dan sehat. Bukti lain adalah bahwa SMP Negeri 8 Surakarta meraih predikat juara Sekolah Adiwiyata tingkat Nasional dan akan menuju Sekolah Adiwiyata Mandiri. Sekolah yang termasuk rayon Timur Kota Surakarta ini memang menjadi sekolah favorit bagi masyarakat Solo bagian timur.

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. sebelumnya mengharapkan agar Mahasiswa PLP bisa mengikuti kebiasaan yang ada di sekolah ini. Bahkan diharapkan untuk seragam agar menyesuaikan dalam arti menyesuaikan seragam mahasiswa PLP. Dan juga sekaligus khusus untuk hari Jum’at menyesuaikan.

Keberhasilan penyelenggaraan program PLP membutuhkan keharmonisan hubungan para pihak, yaitu FKIP UNS, Mahasiswa peserta PLP, Sekolah Mitra, Dosen Pembimbing dan Guru Pembimbing. Dengan kondisi tersebut diharapkan selalu terbentuk secara kondusif baik di Kampus maupun di Sekolah mitra sehingga keberhasilan penyelenggaraan program maupun pencapaian tujuan PLP, keduanya dapat berhasil. (Sofyan)


Baca juga: Unisri Gelar Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Sanggar Sentra IKM Kreatif Semanggi Harmoni


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top