Perkuat Publikasi Kampus, Humas dan Kerjasama Univet Bantara Gelar Workshop Penulisan Press Release

Print Friendly and PDF

Narasumber Sunarno (Pemimpin Redaksi sukoharjonews.com) saat menyampaikan materi penulisan press release. 

Perkuat Publikasi Kampus, Humas dan Kerjasama Univet Bantara Gelar Workshop Penulisan Press Release

Sukoharjo- majalahlarise.com -Humas dan Kerjasama Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan workshop penulisan press release dengan menghadirkan narasumber Sunarno (Pemimpin Redaksi sukoharjonews.com) dan Sofyan Yuli Antonius (Jurnalis dan pengelola majalahlarise.com). Bertempat di ruang Seminar Utama Gedung H lantai 3. Senin (1/8/2022).

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum dalam sambutan pembukaan workshop menyampaikan bagaimanapun hebatnya dalam bekerja dan meraih prestasi di era saat ini sangat disayangkan jika tidak dipublikasikan untuk rekam jejak digital melalui press release.

"Kami mohon sekecil apapun kegiatan kita ketika itu memberikan nilai positif mohon untuk disebarluaskan. Bahkan di satuan kerja masing-masing mewajibkan semua mahasiswa untuk bermain media sosial. Harus memiliki akun youtube, facebook, instagram mereka saling terhubung. Satu mempublikasikan Univet lainya memberi like, komentar dan menyebarkan lagi," ungkapnya.

Rektor Univet Bantara, Prof. Dr. Farida Nugrahani, M.Hum saat memberi sambutan sekaligus membuka workshop penulisan press release. 

Baca juga: Dukung UMKM, FEB UNS dan MES Surakarta Mengadakan Pelatihan Pembuatan Video Pendek 

Pihaknya berharap, Humas dan Kerjasama mengatur semua rilis berita layak untuk dikonsumsi masyarakat dan segala sesuatu yang disampaikan tersebut menambah nilai lebih bagi masyarakat.

Ketua panitia, Made Wedaswari, S.Sos, M.Si dalam laporan kegiatan menyampaikan terselenggaranya kegiatan ini dari hasil studi banding Humas dan Kerjasama ke Humas UNS terkait optimalisasi dan konsisten dalam penulisan rilis berita yang dipublikasi ke media massa web sebagai rekam jejak digital.

"Kami mengundang bapak dan ibu ditingkat program studi, fakultas, universitas karena dengan rekam jejak digital yang baik merupakan suport yang besar untuk nama besar program studi, fakultas, universitas," tuturnya.

Pemateri, Sofyan Yuli Antunius, S.Sos saat menjelaskan tahapan menulis press release. 

Sementara itu dalam pemaparan materi, Sunarno menjelaskan mengumpulkan data fakta dan peristiwa untuk penulisan rilis tidak terlepas dari unsur berita yaitu 5W+ 1H (what/ apa yang terjadi, who/ siapa yang terlibat dalam kejadia itu, when/ di mana kejadian itu, why/ mengapa hal itu terjadi dan how/ bagaimana proses kejadiannya.

"Fakta dan data yang sudah dihimpun dituliskan dalam rumus 5W+1H dengan menggunakan bahasa jurnalistik, spesifik, kalimatnya pendek-pendek, baku dan sederhana. Komunikatif yaitu jelas langsung ke pokok masalah dan mudah dipahami orang awam," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sofyan Yuli Antonius memaparkan tujuan Press Release diantaranya agar media mengetahui tentang suatu peristiwa dan berharap bisa diteruskan ke publik. Agar media mengetahui tentang bisnis anda dan mengharapkan seorang reporter akan melihat berita di siaran pers dan menuliskannya menjadi artikel berita aktual. Untuk membantu mempromosikan bisnis di internet melalui blog, situs web, dan jejaring sosial. Kalau ini sifatnya publisitas pembaca secara langsung. (Sofyan)


Baca juga: Prodi Bahasa Inggris FKIP Unisri Adakan Penulisan Buku Ajar Berbasis Digital


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top