Penggunaan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Anak-Anak

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri menyelenggarakan bimbingan belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media kreatif “Pop Up Book” dengan tema “Profession”.


Penggunaan Media Pembelajaran “Pop Up Book” Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Inggris Terhadap Anak-Anak

Karanganyar- majalahlarise.com -Program Kuliah Kerja Nyata Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT MBKM) oleh Universitas Slamet Riyadi Surakarta telah  dimulai dari tanggal 25 Juli lalu, hingga tanggal 31 Agustus mendatang. Dalam hal tersebut, UNISRI mengusung Tema “UNISRI Berkontribusi Dalam Kebangkitan Pasca Pandemi”. Dalam hal tersebut, Kelompok 74 KKN UNISRI yang dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Dra. Suprihatmi SW.,MM,. melaksanakan tugasnya di Desa Jetak, Kec. Wonorejo, Kab. Karanganyar dan berupaya untuk mewujudkan tercapainya tujuan KKN yaitu untuk melaksanakan Program Kerja yang membantu masyarakat desa agar bisa bangkit dalam masa pasca Pandemi.

Pandemi Covid-19 tentunya banyak mempengaruhi kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dalam bidang Pendidikan. Selama masa Pandemi Covid-19 pembelajaran dilaksanakan secara Online learning, sehigga Guru tidak dapat memantau proses pembelajaran siswa dengan maksimal. Dalam pembelajaran online, siswa juga kurang bisa menangkap ilmu yang disampaikan oleh Guru dengan baik dikarenakan beberapa masalah seperti koneksi internet, suasana yang tidak kondusif, kurangnya komunikasi, fokus anak yang mudah teralihkan dan sebagainya. Terlebih dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang mana Bahasa Inggris bukan merupakan bahasa Ibu bagi bangsa Indonesia, sehingga proses pembelajaranya menjadi lebih sulit saat Pandemi. Oleh karena itu, dalam masa Pasca Pandemi kini, pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka. Namun, dalam prosesnya siswa ternyata menjadi canggung dengan sistem tatap muka dikarenakan sudah terbiasa online. Siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar karena merasa tidak menguasai materi pembelajaran yang diberikan. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan untuk bisa meningkatkan motivasi belajar siswa.

Zalma Novia, salah satu mahasiswa KKN UNISRI dari kelompok 74 desa Jetak, berupaya untuk meningkatkan motivasi belajar anak di desa Gebyog dalam menyelenggarakan bimbingan belajar dalam pembelajaran bahasa Inggris menggunakan media kreatif “Pop Up Book” dengan tema “Profession” atau pekerjaan yang dilaksanakan pada tanggal 20 Agustus 2022.

Dalam prosesnya, Zalma Novia melakukan pendampingan pada murid SD yang tinggal di Dusun Jetak dengan dihadiri 18 anak. Dalam pembelajaran Bahasa Inggris menggunakan Pop Up Book, Zalma menggunakan model pembelajaran Belajar sambil bermain. Media Pop Up Book ini berisi gambar timbul macam-macam profesi atau pekerjaan dengan warna-warni sehingga anak-anak lebih tertarik dan tidak mudah bosan selama pembelajaran berlangsung. 

Zalma Novia bersama teman-teman KKN Kelompok 74 juga memberikan apresiasi kepada anak-anak yang telah berani menjawab pertanyaan maupun berani bercerita mengenai pekerjaan impian yang mereka inginkan kelak. Tak ketinggalan kami memberi semangat kepada anak-anak Dusun Jetak agar selalu giat belajar untuk mencapai cita-cita yang diimpikan. (Sofyan)



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top