Mahasiswa KKNT MBKM Universitas Slamet Riyadi Adakan Sosialisasi Digital Marketing Untuk Ibu-Ibu PKK

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat menjelaskan digital marketing.

Mahasiswa KKNT MBKM  Universitas Slamet Riyadi Adakan Sosialisasi Digital Marketing Untuk Ibu-Ibu PKK

Solo- majalahlarise.com -Mahasiswa KKNT MBKM Universitas Slamet Riyadi Surakarta adakan pelatihan inovasi sabun kertas dan sosialisasi digital marketing yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 6 agustus 2022. Sosialisasi dilaksanakan di RT 002 RW 01 Dukuh Brongkos Desa Sambi dengan mengumpulkan para ibu-ibu PKK RT 02.

Anis Sintia, salah seorang peserta KKN menjelaskan tentang sosialisasi digital marketing. Sosialisasi ini dilakukan dengan tujuan agar para ibu-ibu PKK dapat memanfaatkan media sosial yang dimilikinya dengan memasarkan produk-produknya. Selain itu, agar dapat menjangkau konsumen secara tepat sasaran dan memperluas jangkauan pemasaran produk. Karena digital marketing ini dapat menembus batasan ruang dan waktu. 

“Pemanfaatan digital marketing melalui sosial media marketing ini sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi di jaman yang sudah modern seperti saat ini. Pastinya hampir semua orang mempunyai smartphone serta memiliki sosial media seperti Facebook, Instagram, Whatsaap, Tiktok, dan lain sebagainya. Sehingga dapat memudahkan para ibu-ibu dalam memasarkan produknya,” ungkap Anis dalam rilis.

Lebih lanjut dikatakan, pemanfaatan media sosial ini lebih mudah dan tidak memakan biaya yang banyak. Ada beberapa tips yang dapat diterapkan dalam melakukan sosial media marketing, diantaranya :

Mempelajari selera konsumen 

Setiap konsumen pasti memiliki selera ataupun kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu, kita harus dapat mempelajari dan menganalisis apa saja yang dibutuhkan dan sesuai dengan selera konsumen sasaran kita. 

Menentukan platform yang akan disasar 

Dengan menentukan platform apa saja yang akan kita gunakan, kita dapat memfokuskan media sosial apa saja yang akan kita gunakan untuk memasarkan produk kita. Jika terlalu banyak platform yang kita gunakan nantinya tidak bisa terfokus. 

Menciptakan konten yang menarik

Penciptaan konten yang menarik tentu akan menarik perhatian konsumen sasaran sehingga penjualan dapat naik. Oleh karena itu, sebagai seorang penjual harus selalu memantau apa saja yang dapat menarik perhatian konsumen.

Waktu posting dijadwal

Ketika akan memposting produk yang kita miliki kita harus menjadwal postingan kita agar tidak terkesan membosankan dan monoton. Misalkan kita atur jadwal posting pada saat pagi jam 7 sebelum berangkat kerja, jam 12 pada saat istirahat, dan jam 5 setelah pulang kerja. Disaat-saat jam tersebut pastinya banyak yang membuka smartphone sembari istirahat. 

Melakukan evaluasi 

Evaluasi ini dapat dilakukan setiap minggu atau setiap bulan. Evaluasi dilakukan dengan tujuan agar dapat memperbaiki apa saja yang kurang atau ada hal yang dapat ditingkatkan untuk menaikkan penjualan. (Sofyan) 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top