Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Pola Hidup Sehat Pasca Pandemi

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat foto bersama ibu-ibu PKK. 


Mahasiswa KKN Unisri Sosialisasi Pola Hidup Sehat Pasca Pandemi

Karanganyar- majalahlarise.com -Ecio Mustafa mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik- Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta kelompok 24 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Rizky Ramadhan A.A.,S.E.,M.M. melaksanakan KKN di Dusun Gunungduk, kecamatan Gondangrejo, Kab karanganyar, tepat nya di pendopo dusun Gunugduk  Rt 4/ Rw 5 menyelengarakan sosialisasi tentang makanan bergizi dan sanitizer alami untuk meningkatkan imun dan pola hidup sehat pasca pandemi.

Sosialisasi diikuti oleh ibu-ibu PKK  dusun Gunungduk sebanyak 50 orang pada hari Rabu 10 Agustus 2022. Latar belakang sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pemahaman ibu-ibu tentang pentingnya makan bergizi dan sanitizer alami untuk meningkatkan imun dan pola hidup sehat pasca pandemi dengan menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsusi asupan gizi dari bahan makanan  dan cara pengolahan yang tepat. 

"Pemenuhan gizi berupa sumber energi dan protein yang berasal dari hewani dan nabati, seperti daging, ikan, sayuran, dan buah-buahan. Kandungan gizi yang dapat meningkatkan imun berupa antioksidan yang banyak terkandung dalam vitamin A, B, C, dan D," terang Ecio Mustafa.

Menurutnya, ada 5 kunci keamanan pangan yang dapat diterapkan untuk meningkatkan imun pasca pandemi:

Makan makan yang bersih dan sehat. Pisahkan bahan makanan yang mentah dengan makanan yang sudah matang, contohnya sayuran yang mentah letakan di dalam kulkas, dan makanan yang sudah matang letakkan didalam wadah yang tertutup.

Masak dengan cara yang benar, contohnya masak sayur jgan terlalu lama karna dapat membuat vitamin di dalam sayur akan hilang karena dipanaskan terlalu lama.

Simpan makanan yang sudah matang pada suhu yang tepat. Gunakan air yang bersih untuk memasak, mandi, minum, dan lain-lain.

Kita juga dapat menerapkan beberapa cara untuk meningkatkan imun: Istirahat yang cukup, Olahraga dan terpapar sinar matahari, contohnya kita dapat melakukan senam pagi, dan jalan sehat bersam keluarga.

Makan makanan yang bergizi, seperti sayuran, buah-buahan, daging, ikan. Jaga jarak dan tidak berkerumun. Konsumsi buah dan sayur yang mengandung antioksidan , seperti brokoli, bayam, tomat, strowbery, anggur, semangka.

Menerapkan  protokol hidup bersih dan sehat. Mencuci tangan dan menggunakan sanitizer merupakan salah satu cara membangun pola hidup sehat pasca pandemi. Langkanga sanitizer menimbulkan ide kreatif untuk membuat sanitizer berbahan alami yang mudah di dapat, salah satunya yaitu sanitizer berbahan dasar lidah buaya.

Manfaat dari sanitizer berbahan dasar lidah buaya yaitu mengandung alkohol 70% yang dapat membunuh kuman, virus, dan bakteri, serta kandungan lidah buaya yang dapat melembabkan kulit dan membuat kulit tidak kering dan tetap terawat.

Melalui program kerja ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman ibuk-ibuk terhadap makanan bergizi dan pentig nya pola hidup bersih  dan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk menjaga imun pasca pandemi covid, dan kami sebagai mahasiswa sebagai bentuk mengabdi kepada masyarakat dan menambah pengalam kami dalam proses belajar mengajar. (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top