Mahasiswa KKN Unisri Gelar Pelatihan Pembuatan Mochi dengan Tepung Mocaf

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat mengadakan pelatihan pembuatan Mochi dengan Tepung Mocaf.

Mahasiswa KKN Unisri Gelar Pelatihan Pembuatan Mochi dengan Tepung Mocaf 

Boyolali- majalahlarise.com -Pelatihan pembuatan produk mochi berbahan dasar pangan lokal yaitu tepung mocaf oleh mahasiswa fakultas Teknologi Dan Industri Pangan bernama Arnetta Ranza Sharifa, di ikuti oleh 20 peserta dari desa tersebut. Pada tanggal 17 Agustus 2022 tepatnya di desa Brantisari, Kecamatan Sambi, Boyolali.

Program kerja KKN-T (Kuliah Kerja Nyata Tematik) kelompok 48 yang dilaksanakan bertujuan untuk menginovasi serta mengedukasi para warga desa Brantisari supaya bisa mengembangkan bahan pangan lokal yang termasuk dalam tema KKNT UNISRI tahun ini yaitu "UNISRI BERKONTRIBUSI DALAM KEBANGKITAN PASCA PANDEMI"

Pelatihan pembuatan mochi dengan mengganti dari tepung ketan menjadi tepung mocaf bertujuan untuk menambah nilai pangan lokal sehingga memiliki daya saing serta nilai tambah dari singkong, di desa Brantisari sendiri singkong biasanya hanya di buat gorengan dan sering kali hanya untuk pakan ternak yaitu sapi.

Pembuatan tepung mocaf bisa dibilang cukup mudah, hanya ada 4 proses untuk menjadi tepung yaitu 

1. iris tipis tipis singkong yang telah di cuci

2. rendam didalam air selama 3 hari dan setiap 24 jam ganti air 

3. jemur irisan singkong di bawah terik matahari

4. blender singkong kering , hingga menghasilkan tekstur halus

Tepung mocaf terkenal rendah gluten hal ini menjadi daya tarik mocaf karna bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. tidak hanya mochi tepung mocaf bisa diolah menjadi bolu, cookies dan lain lain.

Proses pembuatan tepung mocaf ini memiliki perbedaan dengan pembuatan tepung tapioka. Tepung mocaf diolah melalui fermentasi atau enzimatis. Melalui proses inilah, ada berbagai kandungan nutrisi dalam tepung mocaf, misalnya seperti karbohidrat, kalsium, protein, fosfor, fitoestrogen dan glukosa.

Tepung mocaf dapat digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat makanan dan pengganti dari tepung terigu. Bahan makanan yang satu ini juga bisa dibilang terjangkau.

Untuk langkah langkah pembuatan mochi sendiri yaitu, siapakan bahan bahan

• bahan

1. tepung mocaf 150 gr

2. santan 150ml

3. gula cair 50 ml

4. perisa vanila secukupnya

5. garam secukupnya

6. coklat batang (untuk isian) 

7. margarin putih  1 sdm


• langkah - langkah

1. Siapkan kukusan yang telah dipanaskan. Pastikan tutup panci terbalut dengan kain agar uap tidak menetes ke adonan mochi nantinya.

2. Campurkan tepung mocaf, gula cair, santan, pasta vanilla dan garam. Aduk rata dan tuangkan ke dalam loyang kukusan yang telah diolesi minyak. Kukus adonan selama 25-30 menit.

3. Jika adonan sudah matang, tuangkan adonan ke dalam wadah baru, tambahkan dengan margarin putih. Aduk dengan sendok kayu saat adonan masih dalam kondisi panas.

4. Jika adonan mulai merata, pipihkan dengan ketebalan kurang lebih 1 cm.

5. Potong-potong dan sisihkan.

6. iris coklat batang sesuai selera

7. masukan coklat kedalam adonan mochi , lalu bentuk bulat bulat

8. mochi siap di hidangkan


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top