KKN UNISRI Mengadakan Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Keripik Rumahan Desa Plosorejo

Print Friendly and PDF

Tri Wulan Darsini mahasiswa semester VI dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi melakukan kegiatan KKN pelatihan pengemasan dan pemasaran produk. 

KKN UNISRI Mengadakan Pelatihan Pengemasan dan Pemasaran Produk Keripik Rumahan Desa Plosorejo

Karanganyar- majalahlarise.com -Dalam rangka memberikan pelatihan pengemasan dan pemasaran produk keripik rumahan di Desa Plosorejo untuk meningkatkan daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan. 

Kuliah Kerja Nyata Tematik-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (UNISRI) Surakarta. Kelompok 07 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Bapak Oka Irmade, S.Pd, M.Pd melaksanakan KKN di desa Plosorejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar menyelenggarakan pelatihan pengemasan dan pemasaran untuk meningkatkan daya tarik pembeli dan meningkatkan penjualan keripik rumahan. 

Salah satu mahasiswa KKN Universitas Slamet Riyadi Surakarta kelompok 07 yakni, Tri Wulan Darsini mahasiswa semester VI dari program studi Manajemen Fakultas Ekonomi melakukan kegiatan KKN di Desa Plosorejo yang didampingi langsung oleh dosen lapangan Bapak Oka Irmade, S.Pd, M.Pd. Dalam melaksanakan kegiatannya KKN di Desa Plosorejo, Kecamatan Kerjo, Kabupaten Karanganyar pada UMKM keripik rumahan. Adanya program kerja KKN ini berdasarkan pada kondisi permasalahan yang masih banyak dihadapi UMKM dalam kegiatan KKN ini mahasiswa membantu pelaku usaha keripik rumahan dengan program kerja Pelatihan Pengemasan Dan Pemasaran Produk Keripik Rumahan Desa Plosorejo. 

Bapak Supardi dan Ibu Sutarwi adalah pemilik UMKM Keripik Rumahan yang berada di Dusun Nerang Desa Plosorejo. Produk olahan keripik yang dihasilkan yaitu keripik talas, keripik pisang, keripik tahu, dan keripik tempe. Usaha ini sudah berdiri selama 20 tahun tetapi masih belum berkembang karena berbagai kendala seperti kemasan yang masih sederhana, dan pemasaran yang masih kurang

Melihat kendala tersebut Mahasiswa KKN Unisri membantu untuk memberikan referensi kemasan yang lebih menarik dan kekinian. Selain itu juga memberikan alat press untuk pengemasan agar tidak perlu menggunakan streples. 

Mahasiswa KKN Unisri juga memberikan sedikit penjelasan untuk pemasaran produk keripik milik Pak Supardi dan Ibu Sutarwi. Menjelaskan cara berjualan melalui media online seperti Instagram, menjelakan cara berjualan di Toko Online seperti shopee, dan membantu memasarkan lewat Whatsapp. Tidak hanya mengikuti proses pembuatan keripik, Mahasiswa KKN Unisri juga ikut membatu menitipkan produk olahan keripik tersebut di warung-warung sekitarnya yang sudah menjadi langganan. 

Dengan seluruh program kerja KKN diharapkan usaha keripik Bapak Supardi dan Ibu Sutarwi dapat miningkatkan penjualannya dan jangkauan konsumen semakin luas sehingga usaha keripik tersebut dapat berkembang menjadi lebih besar lagi. (Sofyan) 


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top