KKN Unisri Kelompok 17 Desa Mojoroto, Adakan Program Sanitasi Peternakan

Print Friendly and PDF

Mahasiswa KKN Unisri saat melaksanakan program sanitasi hewan ternak. 

KKN Unisri  Kelompok 17 Desa Mojoroto, Adakan Program Sanitasi Peternakan

Karanganyar- majalahlarise.com -Dalam rangka pencegahan penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di dusun Mojoroto, Kuliah Kerja Nyata-Merdeka Belajar Kampus Merdeka (KKNT-MBKM) Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Surakarta Kelompok 17 dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ulupi Sitoresmi, S.S., M.Hum, melaksanakan KKN di desa Mojoroto, Mojogedang, Karanganyar, menyelenggarakan program sanitasi peternakan yang menyasar pemilik sapi salah satunya bapak Sularno di dusun Mojoroto.

“Program sanitasi diharapkan agar meningkatkan produktivitas dan kesehatan sapi, serta sapi dapat terbebas dari penyakit yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasit” demikian yang diutarakan oleh pelaksana kegiatan Ramadhan Ichsan Fadzillah, Kamis (28/7/2022).

“Penjelasan mengenai cara melakukan sanitasi yang efektif, bagaimana tatalaksana dalam melakukan sanitasi yang baik dan benar, serta langkah-langkah pencegahan penyakit menular pada hewan ternak, dengan mengedukasi pemilik sapi agar kedepannya dapat menjaga kebersihan area diluar kandang seperti membersihkan semak-semak, sampah peternakan, dll; menjaga kebersihan badan hewan ternak, salah satunya dengan cara memandikan hewan ternak. Badan hewan ternak seringkali kotor akibat : kulit ari mengelupas atau debu yang melekat bersama keringat,” ujarnya.

Selanjutnya adalah melaksanakan kegiatan sanitasi peternakan untuk membersihkan kandang sapi bersama warga desa Mojoroto RT 001/RW 002, agar sapi tersebut menjadi lebih sehat dan terbebas dari kuman atau bakteri. Kemudian adalah menyemprotkan cairan disinfektan pada kandang sapi, agar kandang tersebut tidak menjadi sarang bakteri atau kuman yang dapat menyebabkab penyakit menular pada sapi.

Program sanitasi ini diharapkan dapat membantu dan mengedukasi peternak sapi di dusun Mojoroto. Dengan adanya program sanitasi peternakan tersebut dapat membantu pemilik sapi untuk lebih memperhatikan sapinya agar terbebas dari virus dan penyakit. (Sofyan) 



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top