Jumat Sehat Sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 8 Surakarta

Print Friendly and PDF

Guru dan siswa SMPN 8 Surakarta saat jalan sehat.


Jumat Sehat Sebagai Perwujudan Profil Pelajar Pancasila di SMPN 8 Surakarta

Solo- majalahlarise.com -Rutinitas setiap bulan sekali (minggu tekahir) seluruh warga SMP Negeri 8 Surakarta yang dipimpin oleh Triad Suparman, M.Pd. melakukan kegiatan Jum’at sehat. Kegiatan ini didahului dengan berbaris di halaman dan berdoa yang dipandu oleh Hasan Efendi, S.Pd. (Staf OSIS SMP Negeri 8 Surakarta). Sehat adalah suatu kondisi dimana secara fisik,mental, spiritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomi. Jum’at sehat adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan secara terprogram pada setiap hari Jum’at.

Hari ini berbeda dengan biasanya, seluruh warga sekolah (kelas 7, 8, dan 9) yang dipandu oleh Bapak/Ibu Wali Kelas masing-masing, selepas berdoa kemudian jalan santai yang dimulai dari sekolah menuju jalan Ir. Sutami ke barat sampai di Thiong Thing masuk jalanan perkampungan, dan kembali ke sekolah. Sebelumnya rute jalan sehat/santai ini dimulai dari sekolah arah ke utara masuk jalan perkampungan sampai rel palang Kereta Api ke kiri, melewati Stasiun Jebres, masuk jalan perkampungan sampai depan SMP Negeri 20 Surakarta, dan kembali ke sekolah. Semua siswa dan Bapak /Ibu Guru wajib mengenakan baju olahraga dari rumah masing-masing.

Gerakan Jum’at sehat merupakan program sekolah untuk membiasakan seluruh warga sekolah berbudaya hidup sehat. Kegiatan ini dilaksanakan setiap Jum’at minggu terakhir mulai pukul 07.00 sampai pukul 08.20 WIB. Dengan tubuh yang sehat, diharapkan seluruh warga SMP Negeri 8 Surakarta dapat menjalankan kegiatan di sekolah dengan baik. Siswa-siswi SMP Negeri 8 Surakarta pun dapat mengikuti pembelajaran dengan semangat.

Siswa saat istrirahat usai jalan sehat.

Baca juga: Rektor Unisri Lantik 19 UKM dan Ormawa Periode 2022-2023

Kepala SMP Negeri 8 Surakarta, Triad Suparman, M.Pd. menuturkan bahwa kegiatan tersebut digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, sehingga semua wajib mengenakan masker, jaga jarak aman, dan disediakan hand sanitizer. Karena melibatkan banyak orang, kegiatan ini harus taat prokes demi keselamatan dan kesehatan bersama. Tidak mau, kegiatan yang baik ini dinilai tidak baik lantaran kurang memperhatikan prokes.

Menurut Kepala Sekolah, dalam melaksanakan kegiatan Jum'at Sehat dengan kegiatan jalan santai. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebugaran dan menaikkan imun tubuh dimasa pandemi. Selain meningkatkan imun, melalui jalan santai dapat menjalin silaturahmi antar warga SMP Negeri 8 Surakarta supaya semakin erat dan semakin kompak. Selan itu,  menambahkan bahwa kesehatan merupakan hal yang penting dimasa pandemi Covid-19. Untuk itu kita selalu membuat program mingguan untuk melaksanakan Jum’at sehat.

Terlihat seluruh siswa kelas 7,8,dan 9, Bapak/Ibu Guru, dan Karyawan mengikuti giat jalan santai pagi ini. Jalan santai yang dilaksanakan saat ini, berlangsung lancar dan semua warga SMP Negeri 8 Surakarta sangat antusias karena dapat menghilangkan kepenatan dalam bekerja dan menyegarkan kembali tubuh yang sudah letih dalam bekerja.

Kegiatan jalan santai ini dapat membantu para Guru dan Karyawan Tata Usaha untuk menjaga kondisi tubuh tetap sehat dan menyadarkan bagimana pentingnya olahraga dalam menunjang aktifitas sehari-hari, salain itu juga untuk menyegarkan pikiran, menghilangkan kepenatan, dan dapat meningkatkan kebugaran tubuh, yang utamanya juga dengan jalan santai bisa memupuk kebersamaan, menjaga kekompakan, meningkatkan etos kerja Bapak/ Ibu Guru dan Tenaga Kepandidikan dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan perofesional untuk menghasilkan  mutu Pendidikan yang lebih baik. 

Setelah jalan sehat selesai, semua siswa berkumpul di halaman sesuai dengan kelas masing-masing melakukan makan bersama. Semua makanan adalah makanan anak sendiri yang dibawa dari rumah. Ada beberapa yang lupa tidak membawa makanan. Untuk yang tidak membawa makanan bisa membeli di kantin, namun ada juga temannya yang membagikan sebagian makannnya untuk rekan yang tidak membawa. Menghadapi situasi di masa pandemi seperti sekarang memang butuh kerja sama dan kobaran semangat dalam berbagi. Berbagi tidak hanya dapat meringankan hidup orang lain, tetapi juga dapat memberikan stimulus positif dan semangat kebaikan kepada sesama. 

Setelah selesai makan, seluruh siswa melaksanakan Jum’at bersih. Dengan harapan selain menjaga kebersihan lingkungan sekolah, diharapkan para siswa dapat terbiasa bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini sebagai salah satu perwujudan Profil Pelajar Pancasila, gotong royong. Yaitu siswa dapat melakukan kegiatan bersama-sama dengan suka rela agar pekerjaan berjalan lancar, mudah, dan ringan.

Dengan kegiatan membersihkan halaman ini dibimbing oleh wali kelas. Para siswa sangat antusias melaksanakan kebersihan, dan saling membagi tugas. Hal ini terlihat dengan mereka sembari asyik mengobrol ringan dan sesekali diselipi canda yang menimbulkan gelak tawa. Kegiatan ini secara serentak berakhir pada pukul 08.20 WIB, kemudian membersihkan diri dan bersiap untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar seperti biasanya.

Mens sana in corpore sano adalah sebuah kutipan yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Untuk itu diharapkan dengan kegiatan Jum’at sehat berupa jalan santai ini tubuh akan menjadi sehat dan jiwa menjadi kuat. Dengan semangat luar biasa yang tertanam dalam jiwa warga SMP Negeri 8 Surakarta akan mampu membangun karekter siswa menuju Profil Pelajar Pancasila. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri Bantu Peningkatan UMKM



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top