UNS Mengajak UMKM Solo Melek Desain Grafis untuk Meningkatkan Pemasaran Melalui Program Pengabdian Masyarakat

Print Friendly and PDF

Penyampaian materi mengenai pentingnya desain grafis untuk konten sosial media.

UNS Mengajak UMKM Solo Melek Desain Grafis untuk Meningkatkan Pemasaran Melalui Program Pengabdian Masyarakat

Solo- majalahlarise.com -Grup riset Digital Economy, Marketing, and Consumer Insight (DEMCI) Universitas Sebelas Maret bersama Mitra Forum UMKM Surakarta menyelenggarakan pengabdian masyarakat yang bertajuk “Desain Grafis untuk Memaksimalkan Konten di Media Sosial” di daerah Kecamatan Serengan, Surakarta, Jawa Tengah. Pengabdian ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan manajemen bisnis dan pemasaran UMKM yang tergabung dalam organisasi Forum Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Surakarta.

Pengabdian melalui Skema Program Kemitraan Masyarakat ini diusulkan dan dikoordinir oleh grup riset dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNS yang terdiri dari Catur Sugiarto, S.E., M.S.M. Ph.D, CDMP., Prof. Dr. Tulus Haryono, M.Ek, dan Pram Suryanadi, S.E., M.Si. Melalui program ini diharapkan dapat memberikan solusi berupa: (1) Pengembangan program Pusat Layanan dan Pendidikan UMKM (Center of Services and Education). Program ini dapat menyediakan layanan jasa yang bersifat teknis seperti penyediaan studio fotografi, jasa desain dan kemasan, (2) Peningkatan pemahaman bisnis dan pemasaran melalui kegiatan pelatihan pemasaran dan manajemen UMKM sederhana dan berkelanjutan, (3) Peningkatan efektivitas forum dan administrasi forum UMKM sehingga anggota forum merasakan kemanfaatan forum bagi pengembangan bisnis mereka. Program berlangsung selama satu tahun dan diperkirakan akan berakhir pada bulan Desember 2022. 

“Acara ini merupakan program pengabdian masyarakat kolaborasi prodi S-1 Manajemen, Riset Grup dan Mitra dari Forum UMKM Solo. Tema pengabdian kali ini mengenai konten media sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kembali kualitas posting dan manajemen media sosial pelaku UMKM. Diharapkan setelah mengikuti acara ini peserta dapat membuat konten dan desain yang lebih baik,” tutur Catur Sugiarto, S.E., M.S.M. Ph.D, selaku ketua pelaksana. Minggu (17/7/2022).

Peserta saat menyimak materi mengenai pentingnya desain grafis untuk konten sosial media.


Baca juga: Gandeng Menwa UMS, SD Muhammadiyah PK Kottabarat Tempa Disiplin Murid

Topik desain grafis diusung bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas pelaku UMKM dalam mempromosikan produk-produknya di media sosial, sehingga konsumen mengetahui dan tertarik dengan produk yang dikembangkan. Acara ini menghadirkan narasumber Sharfina Rastha Wijayanti, Assistant Manager Marketing UNS Innovation Hub

Peserta diberikan wawasan mengenai pentingnya desain grafis untuk konten sosial media. Kemajuan teknologi yang semakin cepat mengharuskan pelaku UMKM untuk mengikuti arus tersebut dengan memasarkan produknya atau jasa mereka di media sosial. Memberikan konten yang beragam di media sosial mampu menjaring banyak pembeli. Konten akan lebih menarik apabila diberikan desain grafis untuk menarik minat para pengikut di media sosial. 

“Desain grafis itu penting karena membantu content creator agar desain yang mereka buat menjadi lebih menarik. Desain berperan sebagai penyampai pesan secara visual agar lebih mudah dibaca. Desain tidak hanya gambar dan dekorasi saja, namun harus bisa menyampaikan informasi yang terkandung dengan jelas,” kata Sharfina Rastha Wijayanti. Minggu (17/7/2022).

Di sela sesi materi, peserta melakukan praktik desain secara langsung bersama narasumber menggunakan sebuah aplikasi desain. Peserta mengikuti tutorial dengan cermat dan menunjukkan hasilnya kemudian direview oleh narasumber.

Tujuan akhir yang akan dicapai dalam program pengabdian adalah efektivitas dalam pengelolaan bisnis serta peningkatan kapasitas pemasaran pengembangan Pusat Layanan dan Pendidikan UMKM (Center of Services and Education). (Sofyan) 


Baca juga: Keceriaan Peserta Didik Baru MI AL-KAHFI Manyaran Mengikuti Matsama



Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top