HMP SUED Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Gelar Workshop Public Speaking

Print Friendly and PDF

 

Narasumber Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd (Trainer Public Speaking) saat memberi pelatihan public speaking. 

HMP SUED Prodi Pendidikan Bahasa Inggris Univet Bantara Gelar Workshop Public Speaking

Sukoharjo- majalahlarise.com Himpunan Mahasiswa Program Studi (HPM) SUED (Students Union of English Department) Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) FKIP Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bantara) Sukoharjo mengadakan Workshop Public Speaking menghadirkan narasumber Mas Sulis Setiyono, S.Pd, M.Pd (Trainer Public Speaking) diikuti mahasiswa PBI dan siswa kelas XII SMA/ SMK di Sukoharjo. Bertempat di ruang seminar Gedung H lantai 3. Rabu (27/7/2022)

Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Inggris, Arin Arianti saat ditemui menjelaskan tujuan workshop untuk memberikan kemampuan khususnya soft skill terkait berbicara bahasa Inggris dalam public speaking tidak hanya sekedar teori tetapi praktik langsung dihadapan audien.

"Biasanya berbicara di depan umum itu yang penting bisa. Ternyata ada teorinya dan ilmunya berbicara public speaking dalam bahasa Inggris. Ketika berbicara di depan umum harus dipersiapkan sebaik-baiknya, kesiapan mental, materi juga background audien," terangnya.

Baca juga: Lepas Sambut Kepala SMA Negeri 1 Manyaran Dari Dra. Harmini, M.Si kepada Budiono, S.Si, M.Pd 

Lebih lanjut dikatakan, melalui pelatihan public speaking ini diharapkan nantinya dihasilkan peserta memiliki ketrampilan dalam public speaking. Sehingga sewaktu-waktu dibutuhkan di masyarakat sudah siap berbicara di depan umum.

"Kita undang peserta siswa kelas XII SMA/ SMK untuk mengenalkan kepada mereka berbagai kegiatan di PBI salah satunya kegiatan public speaking," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan Irawan Catur Atmojo menyampaikan workshop yang mengangkat tema Build Up Your Confidence in Public Speaking ini menambah keahlian public speaking bagi teman-teman mahasiswa sekaligus sarana promosi PBI untuk SMA/ SMK.

"Harapan kami dari HMP melalui kegiatan ini dapat menggaet mahasiswa baru yang masuk di prodi Pendidikan Bahasa Inggris sehingga mahasiswanya semakin banyak dan PBI lebih maju," harapnya.

Dalam pemaparan materi, narasumber   Mas Sulis Setiyono menjelaskan tips public speaking yang baik diantaranya menumbuhkan sikap percaya diri dengan menanamkan pikiran positif. 

"Ketika akan tampil pikiran tetap positif sebab apa yang dipikirkan pasti terjadi. Kalau berpikir bisa hasilnya akan bisa. Sebaliknya ketika akan tampil berpikir negatif seperti takut salah, tidak bisa dan sebagainya ini yang terjadi akan ada kesalahan selama tampil di depan umum," ujarnya.

Disampaikan pula, untuk menambah percaya diri perlu menghilangkan perasaan minder, persiapan materi, jangan putus asa berlatih berulang-ulang dan memperbanyak jam terbang atau tampil.

"Minder itu perasaan yang tidak percaya diri seperti saya itu siapa sih, emang saya mampu, saya belum pernah bicara di depan umum pastinya blepotan. Ini ucapan yang membuat diri minder. Maka harus dihilangkan rasa minder ini agar bisa tampil percaya diri," jelasnya.

Dalam kegiatan ini juga ada pembagian doorprice bagi peserta yang beruntung sesuai undian nomor yang telah diberikan panitia. (Sofyan)


Baca juga: Mahasiswa KKN Unisri di Karanganyar  Disambut Bupati Juliyatmono


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top