Pertajam Inovasi Kecamatan, Forum Digital Desa Kecamatan Eromoko Ambil Peran

Print Friendly and PDF

Forum Digital Desa Kecamatan Eromoko melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Eromoko.

Pertajam Inovasi Kecamatan, Forum Digital Desa Kecamatan Eromoko Ambil Peran

Wonogiri- majalahlarise.com -Forum Digital Desa Kecamatan Eromoko melakukan rapat koordinasi dengan Pemerintah Kecamatan Eromoko pada Jumat (10/6/2022) di Pendapa Kecamatan Eromoko. 

Rapat koordinasi yang dihadiri oleh pengurus forum tersebut mengangkat bahasan utama terkait agenda program kerja forum yang akan dilaksanakan. Program kerja yang dimaksud dipersiapkan guna peningkatan kualitas produk dan sistem pemasaran produk UMKM secara digital.

Melalui sinergi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil, Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (KUKM Perindag) dan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Wonogiri, forum mengusung beberapa program yang siap direalisasikan dalam waktu dekat, yaitu: Pendataan UMKM di  Wilayah Eromoko (16-21 Juni 2022), Pelatihan dan Pendampingan Perizinan UMKM berupa NIB, PIRT, serta label Halal (22-26 Juni 2022), Pelatihan Penguatan UMKM Tata Boga (Juli 2022), Pelatihan Pemasaran Digital (Juli 2022), Bazar IKM/UMKM dan ajang kreativitas (21-22 Agustus 2022).

Forum Digital Desa saat mengikuti pameran produk UMKM.

Baca juga: HI Unisri Gelar Guest Lecture Tentang Papua Bicara: Masyarakat Adat di Mata Hukum Internasional 

Forum Digital Desa merupakan bentukan pascakegiatan Seminar Digital Entrepreneurship yang diselenggarakan pada Rabu (30/3/2022) lalu. Melalui kegiatan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kecamatan Eromoko berkolaborasi dengan Disnaker dan Himpunan Lembaga Latihan Seluruh Indonesia (HILLSI) DPC Kabupaten Wonogiri serta PT. Regarsport Indonesia tersebut, potensi dan inovasi yang dimiliki masyarakat Kecamatan Eromoko diwadahi dalam sebuah forum. Kepengurusan Forum Digital Desa ditetapkan dengan mengambil para talenta digital dan para pelaku UMKM di desa.

Program kerja Forum Digital Desa Kecamatan Eromoko telah diawali dengan mengikuti kegiatan Bazar Ramadhan yang diselenggarakan oleh Dinas KUKM Perindag Kabupaten Wonogiri. Dalam kesempatan tersebut, forum menampilkan produk-produk unggulan dari para pelaku UMKM, berupa tempe keripik, balung kethek, dan kuliner kering lainnya. Selain itu, sendal ukir dan produk eco-print menjadi wujud partisipasi dari UMKM nonkuliner. Antusias dan semangat desa dalam mengembangkan UMKM di wilayahnya ditunjukkan melalui pemenuhan anggaran kegiatan secara gotong royong oleh pemerintah desa se-Kecamatan Eromoko.

“Pemerintah Kecamatan Eromoko mendukung penuh kegiatan Forum Digital Desa sebagai bagian dari inovasi kecamatan ‘Transparansi Informasi melalui Pers Desa (Trasi Pedes)’ yang telah dirancang sejak tahun 2021,” tutur Camat Eromoko, Danang Erawanto dalam rapat koordinasi bersama Forum Digital Desa, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Lulusan SMP Muhammadiyah PK Solo Ini Dilirik Banyak SMA Favorit

Danang menambahkan bahwa dengan adanya forum digital desa menjadi bukti bahwa kebangkitan ekonomi serta pembangunan bersumber dan tersentral di desa. Website dan akun media sosial desa sebagai sarana transparansi informasi dapat dihidupkan dengan bantuan forum.

“Melalui forum ini, masyarakat diajak untuk memanfaatkan perangkat digital untuk mempromosikan wilayah serta produk lokal yang ada. Ajang kegiatan aktif dan produktif pascapandemi, membiasakan masyarakat untuk melihat sekelilingnya sebagai potensi yang dapat meningkatkan perekonomian,” imbuhnya.

Selaku Camat, Danang siap memfasilitasi kegiatan-kegiatan forum dengan fasilitas yang dimiliki kecamatan. Meski diakuinya pemerintah mungkin tidak mempunyai cukup anggaran, tapi setidaknya akan diberikan kemudahan dalam kebijakan regulasi dan birokrasi. Danang menyampaikan harapannya terhadap Forum Digital Desa agar selalu menciptakan inovasi, peluang di tempat sendiri, berpikir untuk menanam hari ini agar panen di esok hari, serta untuk terus berusaha hari ini agar ada hasil di kemudian hari.

“Melalui Forum Digital Desa diharapkan dapat memberikan sedikit kontribusi semangat dan dapat membawa perubahan bagi pelaku UMKM, sehingga pemerintah bisa memberikan ruang dan perhatian lebih untuk kami,” ujar Yoga Muldiyantoro, Ketua Forum Digital Desa terpilih ketika ditemui dalam kesempatan yang sama. (Dwi/ Sofyan)


Baca juga: Himakom FISIP Univet Bantara Rayakan Ulang Tahun ke-7, Bersama Lebih Kreatif dan Produktif


Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top